Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menyatakan puluhan negara sudah melegalkan penggunaan ganja demi kebutuhan medis. Metro TV
Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menyatakan puluhan negara sudah melegalkan penggunaan ganja demi kebutuhan medis. Metro TV

Metro Pagi Primetime

Wakil Ketua Komisi IX DPR Dorong Pemerintah Legalisasi Ganja Medis

MetroTV • 30 Juni 2022 14:59
Jakarta: Legislatif menyerukan agar pemerintah segera melakukan riset soal manfaat ganja untuk medis. Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menyatakan puluhan negara sudah melegalkan penggunaan ganja demi kebutuhan medis. 
 
“Tercatat 50 negara juga sudah melakukan relaksasi terkait dengan regulasi yang mengatur penggunaan ganja untuk kepentingan pengobatan dan kepentingan medis. Pada intinya, rakyat berhak untuk mendapatkan kesembuhan dan kesehatan,” kata Charles dalam tayangan Metro TV, Rabu, 29 Juni 2022.
 
Komite Narkotika PBB diketahui telah mengeluarkan ganja dari daftar narkotika serta obat terlarang sejak 2020. Charles menilai  segala bentuk penelitian dan riset yang bertujuan untuk kemajuan dunia kesehatan dan kemanusiaan harus didukung.
 
Baca: Pelibatan MUI Dinilai Mempermudah Proses Pertimbangan Ganja untuk Medis

Legalisasi ganja di Indonesia menjadi sorotan setelah seorang ibu mengajukan uji materi Pasal 7 dan Pasal 8 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika demi pengobatan anaknya. Mahkamah Konstitusi (MK) mengungkap alasan uji materi berlangsung lama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara MK Fajar Laksono menyampaikan sidang perkara terkait legalisasi ganja medis ini cukup panjang karena menghadirkan banyak ahli. Selama dua tahun MK telah menggelar sebelas sidang, baik dari pihak yang menyetujui maupun menolak. 
 
Namun, Fajar tak dapat memastikan kapan putusan gugatan ini dapat diketok. (Rona Marina Nisaasari)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif