Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno/Branda Antara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga Uno/Branda Antara

Kembangkan Wisata Religi, Sandiaga-Ganjar Berkolaborasi

Antara • 07 Desember 2022 19:33
Jakarta: Menteri Perekonomian dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bertemu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Keduanya berkolaborasi untuk mengembangkan wisata religi di Indonesia.
 
"Sebenarnya kalau kita melihat tempat ziarah atau wisata religi ini enggak kalah itu luar biasa apalagi kalau pas mereka kunjungan ke sana di sana ada shalawatan wah itu tambah ramai lagi," ujar Ganjar dikutip dari Antara, Rabu, 7 Desember 2022.
 
Ganjar mencontohkan wisata religi di Jawa Tengah yakni ziarah makam Wali Songo. Menurut dia, kunjungan wisatawan ke makam Wali Songo meningkat tajam ketika momen tertentu, seperti Maulid Nabi dan doa bersama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandiaga sepakat dengan Ganjar. Menurut dia, hal tersebut dapat jadi komponen pengembang wisata religi untuk meraup lebih banyak wisatawan.
 

Baca: Sandiaga: Perlu Gotong Royong Penuhi 9 Juta Talenta Digital


"Jadi ini menarik nih karena ada destinasi tapi kalau dilengkapi dengan event-nya shalawatan atau maulid gitu ya itu yang tadinya targetnya 1.000 sampai 1.500, bisa jadi 10.000-15.000," kata Sandiaga Uno.
 
Di sisi lain, dia melihat potensi menggandeng paket wisata religi dengan umrah. Menurut Sandiaga, mayoritas paket umrah menyinggahkan peserta di Turki dan Mesir.
 
"Bagaimana kalau kita buatkan paketnya seperti yang tadi paket wisata religi yang ditawarkan oleh pak Ganjar ini juga mungkin menarik nanti untuk kita kembangkan," lanjut Sandiaga.
 
Dia siap berkolaborasi dengan Ganjar memaksimalkan potensi wisata religi Indonesia. Menurut Sandiaga, hal tersebut mesti digenjot melalui kreativitas dan inovasi.
 
"Sehingga mendorong terciptanya lapangan kerja baru berkualitas seluas-luasnya," kata Sandiaga Uno.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif