Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.
Menparekraf Sandiaga Uno/Istimewa.

Jelang Nataru, Sandiaga Genjot Pergerakan Wisatawan

Antara • 07 Desember 2022 01:06
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggenjot pergerakan wisatawan menjelang libur natal dan tahun baru (nataru). Pergerakan wisatawan distimulus menggunakan 100 paket wisata nusantara.
 
"Target pengeluaran per pax dari program ini sebesar Rp 2,4 juta. Berarti kalau dikalikan jumlahnya sangat besar,” ujar Sandiaga dikutip dari Antara, Rabu, 7 Desember 2022.
 
Dia menargetkan 1,2-1,4 miliar pergerakan atau perjalanan wisatawan dalam masa libur bersama natal dan tahun baru. Menurut Sandiaga, hal tersebut dapat berkontribusi 4,3-4,5 persen dari PDB nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menparekraf mengatakan paket liburan di dalam negeri sesuai imbauan Presiden Joko Widodo agar seluruh pihak liburan di dalam negeri. Sehingga, ada aktivitas transaksi yang memperkuat ekonomi Indonesia.
 

Baca: Promosikan Pariwisata, Sandiaga Targetkan Jutaan Lapangan Kerja


"Beliau (Jokowi) menyampaikan padahal Indonesia punya banyak destinasi wisata seperti Borobudur dan Labuan Bajo," kata Sandiaga Uno.
 
Menurut Sandiaga, program paket wisata itu akan dimonitor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi. Pemantauan dilakukan berkala setiap bulan.
 
Dia berharap pemantauan bakal memberikan data pasti terkait wisatawan. Termasuk, dalam memetakan posisi wisatawan dan memberikan data jamak terkait aktivitas wisata.
 
"Harapannya agar liburan nataru ini, teman-teman tergerak untuk enggak semuanya berbondong-bondong ke luar negeri," kata Sandiaga.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif