Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Hakim Ad Hoc Tipikor MA Terpilih Diminta 'Galak' terhadap Koruptor

Nasional mahkamah agung Pengadilan pencegahan korupsi Pemberantasan Korupsi
Fachri Audhia Hafiez • 23 April 2022 09:44
Jakarta: Hakim ad hoc tindak pidana korupsi (Tipikor) di Mahkamah Agung (MA) terpilih nantinya harus keras dalam memutus  perkara rasuah. Saat ini, proses seleksi calon hakim tersebut masih berlangsung di Komisi Yudisial (KY).
 
"Tidak memberi toleransi kepada jenis-jenis tipikor, juga memutuskan secara keras terhadap para perilaku tipikor," kata peneliti Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Zaenur Rohman kepada Medcom.id, Sabtu, 23 April 2022.
 
Menurut Zaenur, sepeninggal mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, putusan terhadap berbagai perkara korupsi kian lemah. Bahkan, hukuman koruptor kerap mendapat diskon di tingkat peninjauan kembali (PK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu sebagai membuka keran diskon hukuman yang kemudian diikuti pengajuan PK oleh banyak sekali terpidana tipikor dan terbukti pensiunnya Artidjo kemudian pemotongan hukuman itu (selalu) diputus oleh MA," ucap Zaenur.
 
Dia berharap situasi itu tidak terulang. MA diharapkan diisi dengan sosok hakim ad hoc tipikor bahkan hakim agung yang punya visi dan komitmen dalam pemberantasan korupsi.
 
"Tidak punya catatan buruk juga terhadap terkait integritas, menunjukkan dukungan komitmen dalam pemberantasan korupsi, dan sekaligus secara pemikiran memang punya pemikiran yang jelas visioner mengenai Indonesia yang bersih dari korupsi," ujar Zaenur.
 
Baca: Putusan MA Soal Vaksin Halal Wajib Dilaksanakan
 
KY mengumumkan 21 calon hakim yang lolos seleksi kesehatan dan kepribadian. Jumlah itu terdiri dari 16 calon hakim agung di MA dan lima orang calon hakim ad hoc tipikor di MA.
 
Peserta seleksi yang dinyatakan lolos berhak mengikuti tahapan wawancara. Tahapan itu dilaksanakan pada 25-28 April 2022 di Kantor KY.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif