Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

KPK Bakal Bahas Status Jabatan Bupati Mamberamo Tengah dengan Kemendagri

Candra Yuri Nuralam • 14 Agustus 2022 09:51
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal membahas status jabatan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ricky masih berstatus sebagai bupati aktif meski menjadi buronan KPK.
 
"Perbandingannya dengan kasus, Bupati Talaud (Sri Wahyumi Manalip) yang kemudian oleh Kemendagri langsung dinonaktifkan, kami kira (pembahasan dengan Kemendagri) ini memang perlu," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam telekonferensi yang dikutip Minggu, 14 Agustus 2022.
 
Manalip pernah dinonaktifkan semasa menjabat sebagai Bupati Talaud karena pergi ke luar negeri tanpa izin oleh Kemendagri. Tindakan tegas serupa seharusnya diterapkan ke Ricky karena meninggalkan wilayah pemerintahannya dengan status buronan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK bakal meminta alasan Kemendagri belum menonaktifkan Ricky. Lembaga Antikorupsi itu berharap Kemendagri tidak pilih kasih.
 
"Bahwa, Kemendagri pada satu case bisa bertindak sedemikian keras, pada satu case, agak bungkam. Tapi bungkamnya ini apa lantaran ditanyai yang tidak melakukan ini gitu," ujar Nawawi.
 

Baca juga: KPK Kembali Pantau Kelanjutan TPPU Setnov di Bareskrim


Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerbitkan sanksi untuk Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Sanksi diperlukan karena Ricky tidak mengerjakan tugasnya sebagai kepala daerah setelah berstatus buronan.
 
"Peristiwa sama itu (meninggalkan wilayah pemerintahan) pernah ke Bupati Sri Wahyumi Manalip yang Talaud, kan pernah dinonaktifkan karena pergi ke luar negeri tanpa izin, meskipun dia balik. Nah, apalagi ini kabur," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada Medcom.id, Senin, 8 Agustus 2022.
 
Boyamin mendesak Kemendagri menentukan pengganti sementara untuk Ricky. Penggantian diperlukan untuk membuat pemerintahan di Mamberamo Tengah terus berjalan. 
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif