KPK akan Gelar Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi

M Sholahadhin Azhar 20 November 2018 03:40 WIB
kpk
KPK akan Gelar Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi
Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sujanarko. Medcom.id/M Sholahadhin
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengadakan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi. Direktur Pembinaan Jaringan Kerja dan Antar Komisi dan Instansi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Sujanarko menyebut pihaknya mengundang semua partai berpartisipasi.

"Tanggal 4 (Desember) nanti. Temanya adalah membangun sistem integritas parpol," kata Sujanarko di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat, Senin, 19 November 2018.

Sujanarko dan jajarannya sengaja datang ke DPP NasDem untuk menyampaikan undangan secara langsung. KPK berharap NasDem hadir, dan bisa ikut serta dan menelurkan pemimpin berkualitas ke depan. Sujanarko menyebut akan berkeliling untuk mengundang partai lain. "Baik parpol baru dan lama. Supaya platformnya sama," ujarnya


Sujanarko mengatakan, setiap partai politik harus memiliki standar jelas dan tegas terkait rekrutmen calon pemimpin. Partai harus membangun bisa meningkatkan standar kompetensi seleksi calon pemimpin di internal.  "Memang calon pemimpin kita, khususnya dari parpol harus lebih jelas," imbuhnya.

Saat ini, kata dia, sistem kaderisasi partai masih dirasa lemah, terutama terkait upaya pemberantasan korupsi. KPK pun sudah menyiapkan perumusan bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan 100 halaman modul mengenai integritas partai.

Sekjen NasDem Johnny G Plate menambahkan, partainya mengapresiasi undangan seminar nasional terkait integritas parpol. Johnny menegaskan NasDem amat terbuka dengan ajakan KPK itu. Menurutnya, NasDem memiliki semangat yang jelas untuk mendukung pemberantasan korupsi. NasDem juga akan menyampaikan pandangan yang kontributif terkait hal itu. 

"Tujuan kita sama, pemberantasan korupsi dan komitmen yang dibangun adalah untuk roadmap tat kelola pemerintahan yang baik," sebut Plate.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id