Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P Nugroho di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Maret 2019. Medcom.id/Fachri Audia.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P Nugroho di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Maret 2019. Medcom.id/Fachri Audia.

Ombudsman Sarankan Rotasi Jabatan di Rutan Sentuh Level Bawah

Nasional pungli
Fachri Audhia Hafiez • 06 Maret 2019 05:51
Jakarta: Ombudsman RI Jakarta Raya menyarankan agar rotasi jabatan di rumah tahanan (rutan) menyentuh petugas level bawah. Rotasi kepala rutan dianggap tidak cukup membasmi pungli di balik jeruji besi.
 
"Faktor rotasi dari kepala rutan, ini terkait dengan visi dari kepemimpinan juga. Rotasi para petugas sipir, penjaga juga disana," kata Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P Nugroho di Kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Maret 2019.
 
Teguh mengatakan praktik pungli masih mungkin terjadi jika rotasi hanya dilakukan di tingkat kepala rutan. Karena, praktik pungli justru dilakukan pegawai tingkat bawah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika tidak terjadi rotasi maka yang terjadi orang itu melakukan itu terus menerus. Selain kepala rutan diganti juga pergantian pejabat dan jajaran dibawah selama ini terlalu lama di rutan tersebut," ucap Teguh.
 
Sebelumnya, Ombudsman RI Jakarta Raya menemukan dugaan praktik pungli di Rutan Kelas IIB Depok, Jawa Barat. Pungli itu di antaranya berupa pembelian kamar tahanan kelas A yang mencapai Rp8 juta, biaya kunjungan, iuran kepada petugas hingga pembayaran seperti pembebasan bersyarat (PB), dan cuti bersyarat (CB).
 
Praktik pungli di Rutan Kelas II B Depok tersebut terungkap meski sudah ada pergantian. Pada September 2018, Kepala Rumah Tahanan Kelas II A Pekalongan Bawono Ika Sutomo menggantikan Sohibur Rachman yang sebelumnya menjabat Kepala Rutan Kelas II B Depok.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif