Kejaksaan Agung Dukung Upaya BNPB Tangani Bencana

Lukman Diah Sari 10 Oktober 2018 22:23 WIB
kejaksaan agung
Kejaksaan Agung Dukung Upaya BNPB Tangani Bencana
Jaksa Agung M Prasetyo dan Kepala BNPB Willem Rampangilei saat penandatanganan MoU di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018. Medcom.id/Lukman Diah Sari.
Jakarta: Kejaksaan Agung dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menandatangani nota kesepahaman kerja (MoU) terkait fungsi dan tugas masing-masing. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Jaksa Agung M Prasetyo dan Kepala BNPB Willem Rampangilei.

"Kejaksaan merasa terpanggil berkontribusi mendampingi mengawal dan mendukung kinerja tugas-tugas berat jajaran institusi nasional baik di pusat maupun daerah," kata Jaksa Agung M Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Rabu, 10 Oktober 2018.

Kejaksaan Agung bakal membantu setiap penanganan bencana yang dilakukan BNPB. Prasetyo berharap pendatanganan MoU bisa membuat upaya BNPB dalam menangani bencana berjalan lancar.


"Ini kan enggak cuma gempa, tapi banjir dan lain-lain, gempa pun banyak. Ini semua perlu antisipasi kita," ucapnya.

Kepala BNPB Willem Rampangilei menambahkan penanggulangan bencana di Indonesia sangat rumit dan multi dimensi. Penanganan bencana tak mungkin dilakukan satu badan atau lembaga saja.

"Jadi ini saya percaya akan meningkatkan BNPB dalam meningkatkan kinerja. Dalam penanggulangan bencana perlu cepat tanggap tinggi tapi tetap perlu akuntabilitas, di lapangan kami sangat mengharapkan pendampingan kejaksaan. Respons time yang singkat bisa kita penuhi dengan baik," bebernya.

Isi nota kesepahaman tersebut meliputi, pengawalan dan pengamanan pemerintahan dan pembangunan; pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lain di bidang perdata dan tata usaha negara; pemulihan aset terkait tindak pidana dan atau aset lainnya; penyediaan data, informasi, dan atau keterangan saksi atau ahli terkait penanganan perkara pidana; penempatan atau penugasan jaksa; dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id