Eni Konsultasikan Proyek PLTU Riau-I dengan Idrus

Damar Iradat 01 November 2018 15:20 WIB
Korupsi PLTU Riau-1
Eni Konsultasikan Proyek PLTU Riau-I dengan Idrus
Mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham - Medcom.id/Damar Iradat.
Jakarta: Mantan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham mengakui jika Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih sempat berkonsultasi ihwal proyek PLTU Riau-I kepadanya. Sejak awal, kata dia, Eni getol menggarap proyek tersebut. 

Hal tersebut diungkapkan Idrus saat bersaksi untuk terdakwa Bos Blackgold Natural Resources Johannes Budisutrisno Kotjo. Idrus menyebut hal itu disampaikan Eni saat bertemu di Hotel Sultan pada Desember 2017.

"Dalam pertemuan, Eni sampaikan ke saya. 'Bang, saya ada urusan dengan Pak Kotjo', saya tanya, 'Masalah apa?'," kata Idrus di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 1 November 2018. 


Saat itu Eni menyampaikan tengah mengurus proyek PLTU Riau-I dengan Kotjo. Idrus mengaku sempat mengingatkan Eni berhati-hati.

Tapi, saat itu, Eni memastikan bahwa proyek tidak bermasalah. Idrus mengaku tak mengetahui secara rinci urusan antara Eni dan Kotjo. Namun, kepada dirinya, Eni mengatakan jika proyek tersebut untuk kepentingan konstituen.

(Baca juga: Idrus Mengakui Bahas Proyek PLTU Riau dengan Kotjo dan Eni)

"Ini untuk kepentingan konstituen, karena harga murah. Ini halal kata Eni. Saya bilang hati-hati. Saya juga tidak begitu perhatikan dan saya tidak punya kepentingan tanya dari mana," tutur dia. 

Mantan Menteri Sosial itu melanjutkan, Eni sempat beberapa kali berkonsultasi dengannya terkait kelanjutan proyek tersebut. Jaksa lantas mengonfirmasi apakah Eni juga memberi laporan secara berkala kepada Idrus terkait proyek tersebut.

Idrus berdalih Eni tidak memberi laporan. Menurutnya, sebagai mantan aktivis, kata melapor memiliki konotasi yang berbeda.

"Dalam konotasi aktivis, lapor itu menyampaikan. Tapi kalau bicara lapor, itu ada perintah, ada tugas. Padahal, sebagai Sekjen Golkar saat itu, saya tidak pernah menugaskan Eni untuk mengurusi usaha-usaha apa pun. Dalam konotasi ini tidak ada kewajiban Eni untuk lapor ke saya," tandas Idrus.

(Baca juga: Idrus Minta 30 Mobil Jenazah kepada Sofyan)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id