Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana merilis kasus ganja yang dibongkar jajaran. Foto: Medcom.id/Cindy
Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana merilis kasus ganja yang dibongkar jajaran. Foto: Medcom.id/Cindy

Lahan Ganja 5 Hektare Ditemukan di Sumut

Nasional narkoba
Cindy • 22 Januari 2020 15:44
Jakarta: Ladang ganja seluas lima hektare ditemukan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di Mandailing, Sumatra Utara (Sumut). Lahan itu diperkirakan bisa menghasilkan 60 ton ganja.
 
"Ukuran (tanaman) antara 150 sentimeter sampai 200 sentimeter," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal (Irjen) Nana Sudjana di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Menurut dia, temuan ini didapat polisi dari penangkapan terhadap 19 tersangka sejak awal Desember 2019. Satu orang ditembak mati akibat melawan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korps Bhayangkara menyita 1,34 ton ganja siap edar. Tersangka berencana mengedarkan obat terlarang itu di wilayah hukum Polda Metro Jaya.
 
Pada Sabtu, 18 Januari 2020, polisi menemukan ladang ganja di daerah pegunungan di Mandailing. Untuk sampai ke lokasi, tim harus menumpangi kendaraan selama tiga jam dari Desa Banjarlancat, Mandailing.
 
"Kemudian anggota ini berjalan kaki sekitar enam jam untuk sampai lokasi," sambung dia.
 
Ladang ganja itu langsung dimusnahkan. Sebagian ganja disimpan sebagai barang bukti. Hingga kini, Polda Metro Jaya masih berkoordinasi dengan Polda Sumatera Utara untuk mengembangkan kasus ini.
 
Para tersangka itu dikenakan Pasal 114 ayat 2, subsider Pasal 111 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam hukuman penjara seumur hidup.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif