Komisi III Apresiasi Kinerja Pengadilan Tinggi Sumsel

Pelangi Karismakristi 09 Mei 2018 15:28 WIB
berita dpr
Komisi III Apresiasi Kinerja Pengadilan Tinggi Sumsel
Anggota Komisi III Arteria Dahlan dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Mei 2018. Foto: Dok. DPR
Palembang: Komisi III DPR memberi apresiasi atas capaian kinerja Pengadilan Tinggi Sumatera Selatan yang mendapat indeks kepuasan publik terbaik. 

"Kita apresiasi Pengadilan Tinggi Sumsel yang mendapat indeks kepuasan publik yang luar biasa. Jarang sekali ada lembaga peradilan yang mendapat apresiasi seperti itu," kata Anggota Komisi III Arteria Dahlan dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Mei 2018.

Menurut Arteria, kini Komisi III tengah fokus memberi perhatian terhadap kinerja semua lembaga peradilan di Tanah Air. Sebab dengan kinerja yang baik, akses keadilan bagi masyarakat pun semakin baik dan sesuai harapan semua pihak.


Salah satu contohnya, ada suatu kasus narkoba yang tersangkanya divonis delapan bulan oleh pengadilan negeri. Namun kemudian, divonis delapan tahun oleh Pengadilan Tinggi Sumsel.

"Vonis hukum yang tegas dan maksimal membuat para pihak yang berperkara, terutama tersangka kasus narkoba begitu segan dan takut pada Pengadilan Tinggi Sumsel ini," tukas politikus PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Arteria juga mengemukakan kasus tanah yang bersentuhan dengan tanah milik pemda. Misalnya, banyak lahan untuk fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum) diklaim perorangan dan merebutnya dari penguasaan Pemda.

"Banyak yang bermain dengan otoritas pengadilan untuk mengambil alih lahan fasos-fasum. Banyak sekali tanah pemda yang sudah digunakan untuk fasos dan fasum, dengan menggunakan putusan hakim bisa diambil menjadi milik perorangan. Kini teman-teman pengadilan sudah satu frekuensi untuk mengamankan itu semua," kata dia.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id