Kapolri Minta Seluruh Polda Bentuk Satgas Terorisme
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto.
Jakarta: Kapolri Jendral Tito Karnavian disebut memerintahkan seluruh Polda membentuk satuan tugas (Satgas) terorisme. Hal itu bagian dari upaya Polri memberantas terorisme.
 
"Secara umum Jakarta memang tidak terjadi aksi terorisme. Tetapi tidak terjadinya itu karena ada suatu upaya para stakeholder. Bapak Kapolri tadi memerintahkan setiap Polda membentuk Satgas Terorisme," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Purwadi di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 5 Juni 2018.
 
Arahan tersebut, kata Purwadi, diberikan Tito saat rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melalui video conference. Pada kesempatan itu hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedam beserta Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Baca: Polri Minta Kampus tak Dikaitkan dengan Terorisme

Purwadi mengatakan Polisi dan TNI akan selalu berusaha menciptakan suasana yang aman dan nyaman di wilayah DKI Jakarta. Namun, partisipasi masyarakat juga dibutuhkan.
 
"Peran serta masyarakat dalam menanggulangi aksi terorisme tentun sudah disampaikan Pak Gubernur, yaitu melakukan deteksi, melaporkan orang-orang yang tidak diketahui dan melaporkan orang-orang yang dicurgai," ujarnya.
 
Purwadi juga menekankan pentingnya kerja sama antar elemen masyarakat. Aparat keamanan di tiap tingkatan serta masyarakat diminta bersinergi menciptakan suasana yang kondusif.




(FZN)