Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Staf Istri Edhy Prabowo Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Lobster Pemberantasan Korupsi Edhy Prabowo
Fachri Audhia Hafiez • 17 Desember 2021 13:02
Jakarta: Ainul Faqih selaku staf istri mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Bandung, Jawa Barat. Eksekusi itu dilakukan berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap.
 
Ainul merupakan terpidana korupsi pengadaan ekspor benih bening lobster (BBL) atau benur. Dia akan menjalani hukuman di balik jeruji selama empat tahun.
 
"Terpidana juga dikenakan membayar pidana denda sebesar Rp300 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama empat bulan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 17 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada pengadilan tingkat pertama, Ainul divonis empat tahun penjara dengan denda Rp200 juta subsider empat bulan kurungan. Sementara, pada tingkat banding hukuman denda diperbesar menjadi Rp300 juta.
 
Ainul terbukti menerima uang sebesar Rp24,62 miliar dan diserahkan ke Edhy. Fulus itu diterima bersama-sama asisten pribadi Edhy, Amiril Mukminin; staf khusus menteri kelautan dan perikanan Andreau Pribadi Misanta; dan pengurus PT ACK, Siswadhi Pranoto Loe.
 
Baca: Terpidana Suap Benur Siswadhi Dijebloskan ke Lapas Tangerang
 
Edhy juga menerima USD77 ribu atau sekitar Rp1,12 miliar melalui Amiril dan staf khusus menteri kelautan dan perikanan Safri. Duit itu diterima dari pemilik PT Dua Putera Perkasa Pratama, Suharjito.
 
Seluruh fulus itu untuk mempercepat persetujuan pemberian izin budidaya lobster dan izin ekspor BBL kepada perusahaan-perusahaan pengekspor. Uang diberikan bertahap Februari hingga November 2020.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif