Ketua MK Anwar Usman. Medcom/Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua MK Anwar Usman. Medcom/Theofilus Ifan Sucipto.

Ketua MK Sebut Daniel Yusmic Sosok Kredibel

Nasional mahkamah konstitusi
Theofilus Ifan Sucipto • 09 Januari 2020 08:49
Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman menyambut baik pelantikan hakim konstitusi baru Daniel Yusmic Pancastaki Foekh. Anwar yakin Daniel sosok yang dapat dipercaya menjalankan tugas.
 
“Saya yakin beliau mampu mengemban amanah,” kata Anwar di kawasan Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Rabu 8 Januari 2020.
 
Anwar mengungkapkan hakim konstitusi harus memiliki sikap negarawan. Daniel, kata dia, memiliki sikap itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daniel juga dinilai berpengalaman karena terlibat di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan dosen Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Jakarta. Daniel juga sempat menjadi pengurus Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).
 
“Sehingga saya pribadi dan kami semua harus yakin bahwa beliau adalah seorang negarawan,” tuturnya.
 
Anwar juga yakin Daniel bakal tegas dan mementingkan kepentingan bangsa serta negara. Daniel disebut tak bakal mementingkan kepentingan pribadi, kelompok, dan keluarga.
 
Daniel Yusmic Pancastaki Foekh dan Suhartoyo dilantik sebagai Hakim Konstitusi periode 2020 hingga 2025. Pengucapan sumpah berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa 6 Januari 2020.
 
Pengangkatan Daniel sesuai Keputusan Presiden Nomor 1/P Tahun 2020 tentang Pemberhentian dengan Hormat dan Pengangkatan Hakim Konstitusi yang Diajukan Presiden. Dia menggantikan I Dewa Gede Palguna yang telah dua periode menjabat hakim konstitusi.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif