Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Sekjen KPK Terpilih Dilantik Hari Ini

Nasional kpk
Juven Martua Sitompul • 16 September 2019 09:24
Jakarta: Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal melantik dua pejabat struktural internal. Mereka yang dilantik yakni jabatan Sekretaris Jenderal (Sekjen) dan Direktur Penuntutan.
 
“Ya, pagi ini pimpinan KPK berencana akan melantik dua pejabat struktural yang akan mengisi posisi sebagai Sekretaris Jenderal KPK dan Ditektur Penuntutan,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jakarta, Senin, 16 September 2019.
 
Febri mengatakan dua orang yang bakal mengisi jabatan itu dipilih melalui proses seleksi ketat. Bahkan, untuk posisi Sekjen dipilih oleh panitia seleksi dan rencana pelantikan hari ini telah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sedangkan Direktur Penuntutan berlaku proses seleksi yang dimulai dari permintaan ke Kejaksaan Agung dan proses seleksi di KPK,” kata dia.
 
Febri tak memerinci identitas pengisi jabatan Sekjen atau Direktur Penuntutan. KPK hanya berharap nama-nama yang mengisi dua jabatan itu bisa membawa lembaganya lebih kuat dalam memberantas praktik rasuah di Tanah Air.
 
“Dengan pengisian ini kami berharap KPK lebih kuat dalam menjalankan tugas dan amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002,” pungkasnya.
 
Posisi Sekjen KPK kosong sejak ditinggalkan Bimo Gunung Abdul Kadir pada 10 Maret 2018. KPK memberhentikan dengan hormat Bimo dari posisi itu dengan alasan kinerja. Deputi Pencegahan Pahala Nainggolan sempat ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Sekjen KPK.
 
Tugas Sekjen KPK yakni menyiapkan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan administrasi, sumber daya, pelayanan umum, keamanan dan kenyamanan, hubungan masyarakat, dan pembelaan hukum kepada segenap unit organisasi KPK.
 
KPK sempat mengantongi tiga nama calon Sekjen KPK. Salah satunya ialah Cahya Hardianto Harefa yang menjabat Direktur Pengaduan Masyarakat KPK. Cahya merupakan lulusan S2 University of Western Sydney pada 1999.
 
Nama Inspektur Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hiskia juga sempat masuk radar calon Sekjen KPK. Pendidikan terakhir Hiskia yakni S2 Universitas of South Australia pada 2013.
 
Kemudian, ada juga nama Wawan Wardiana. Ia menjabat Direktur Litbang KPK dengan pendidikan terakhir S3 Universitas Padjajaran, Ilmu Komunikasi.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif