Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Yurike Budiman
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Yurike Budiman

Kasus Peretasan Tempo.co dan Tirto.id Naik ke Tahap Penyidikan

Nasional jurnalistik peretasan
Media Indonesia • 02 Oktober 2020 01:05
Jakarta: Penyidik Polda Metro Jaya bekerja cepat terkait peretasan dua portal media online, Tempo.co dan Tirto.id. Penyidik telah meningkatkan status penyelidikan perkara ke penyidikan.
 
“Bukti awalnya dianggap lengkap, dilakukan gelar perkara, dan hasilnya kita tingkatkan menjadi penyidikan,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Yusri menuturkan untuk kasus peretasan Tempo.co, penyidik telah memeriksa pelapor dan dua saksi. Penyidik juga telah mempelajari log akses server Tempo.co yang diserahkan pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya menunggu data dari pelapor dan hasil audit dari pihak ketiga untuk pendalaman. “Tindak lanjut ke depan kami masih menunggu data yang akan diserahkan oleh pelapor yang diduga sebagai malware dari pihak Tempo dan hasil audit dari pihak ketiga sebagai barang bukti dan kami akan mendalami lagi,” ujar dia.
 
Sementara itu, terkait laporan Tirto.id, penyidik telah menerima dan mempelajari log akses server pada 10 September 2020. Penyidik tengah meminta log IP address dari pengguna surat elektronik karyawan Tirto.id yang diduga diretas.
 
Pihaknya juga berkoordinasi dengan Google untuk mendalami lebih lanjut peretasan situs tersebut. “Kami minta Google terkait masalah akun yang diretas oleh pelaku. Setelah itu, ke depannya kita kejar pelaku ini,” kata Yusri.
 
Sebelumnya, Pemred Tirto.id Sapto Anggoro dan Tempo.co Setri Yasra (SY) membuat laporan kasus peretasan di Polda Metro Jaya pada 25 Agustus 2020.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif