Ketua KPK Firli Bahuri mengukuhkan 38 pejabat struktural di lingkungan KPK. Foto: YouTube KPK RI
Ketua KPK Firli Bahuri mengukuhkan 38 pejabat struktural di lingkungan KPK. Foto: YouTube KPK RI

Firli Minta Jajaran di KPK Berpikir Kerja Jangka Panjang

Nasional kpk kasus korupsi ASN
Fachri Audhia Hafiez • 05 Januari 2021 14:09
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri minta jajarannya bekerja tidak hanya untuk jangka pendek. Saat melantik 38 pejabat struktural KPK formasi baru, Firli berharap seluruh elemen di KPK berpikir untuk jangka panjang pemberantasan korupsi di Indonesia.
 
"Selagi awal tahun, mari kita berpikir untuk bekerja tiga tahun atau lima tahun ke depan, bahkan 10 tahun ke depan. Sehingga betul-betul NKRI bebas dari korupsi, bukan hanya mimpi," kata Firli di Gedung Penunjang KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Januari 2021.
 
Menurut dia, pandemi covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi KPK. Situasi ini tak boleh membuat kerja pemberantasan rasuah kendur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK mesti mewujudkan cita-cita masyarakat agar Indonesia bersih dari korupsi. Untuk itu, lanjut dia, KPK harus menyelaraskan enam tugas pokok dengan tuntutan masyarakat.
 
Baca: Formasi Baru, Firli Lantik 38 Pejabat Struktural KPK
 
Keenam tugas pokok itu meliputi pencegahan korupsi, melakukan koordinasi dengan instansi yang berwenang melakukan pemberantasan korupsi, dan mengawasi pelaksanaan program-program pemerintahan negara. Kemudian, KPK harus memberi supervisi terhadap instansi hukum yang berwenang melakukan tugas pemberantasan korupsi.
 
"Khusus untuk supervisi ini sudah keluar Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2020 dan itu merupakan tugas pokok," jelas Firli.
 
Selanjutnya, KPK harus mengoptimalkan tugas penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap kasus korupsi. Terakhir, melaksanakan putusan hakim dan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
 
"Karya rekan-rekan semua, karya segenap anak bangsa," kata Firli.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif