Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Dok BPMI Setpres
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo/Dok BPMI Setpres

Kapolri Listyo Janji Tingkatkan Anggaran Kontingensi Penanganan Bencana

Nasional polri kapolri bencana alam
Siti Yona Hukmana • 27 Januari 2021 20:43
Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji meningkatkan penanganan bencana alam. Janji itu disampaikan Listyo saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon Kapolri di Komisi III DPR, Rabu, 20 Januari 2021. 
 
"Dalam kegiatan penanganan bencana alam akan dilakukan peningkatan anggaran kontingensi dan fasilitas sesuai dengan kebutuhan daerah rawan bencana," demikian isi program kerja Listyo yang dikutip Medcom.id dalam naskah fit and proper test, Rabu, 27 Januari 2021.
 
Kegiatan penanganan bencana alam ini masuk poin keempat dalam program menjamin keamanan prioritas nasional. Sebanyak tiga kegiatan lainnya, antara lain mempersiapkan infrastruktur dan sumber daya manusia Polri yang dapat mendukung program prioritas nasional. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada tiga aksi yang akan dilakukan Listyo untuk mewujudkan kegiatan itu. Yakni, menyusun perencanaan kebutuhan anggaran, infrastruktur, dan sumber daya manusia Polri dalam mendukung program prioritas nasional; menetapkan metode untuk pengamanan dan pengawalan yang lebih terpadu setiap program prioritas nasional berdasarkan kebutuhan dan riset; dan menyiapkan sarana prasarana yang tepat sesuai kebutuhan program prioritas nasional.
 
Listyo juga akan melaksanakan pengamanan program prioritas nasional. Ada sembilan aksi yang akan dilakukan, yakni, memastikan keamanan dalam pengembangan wilayah yang akan dijadikan lokasi ibu kota negara (IKN); mengawal pengamanan pembangunan Science Techno Park guna peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing; menjamin pengamanan dalam penguatan sistem kesehatan nasional; dan melaksanakan pengamanan pada lokasi-lokasi pembangunan pipa gas bumi trans Kalimantan.
 
Kemudian, menjamin keamanan pada lokasi pembangunan dan pengembangan kilang minyak; menjamin keamanan pada daerah pembangunan infrastruktur pembangkit listrik 27.000 MW, transmisi 19.000 KMS dan gardu induk 38.000 MVA. Lalu, memastikan pengamanan pada lokasi yang terdampak pasca bencana dalam rangka pemulihan wilayah untuk mengurangi kesenjangan serta menjamin pemerataan, menjamin keamanan dalam rangka penguatan pengembangan jaringan pelabuhan utama terpadu; dan melaksanakan pengamanan pada jalur pembangunan jalan tol.
 
Baca: 201 Bencana Alam Terjadi di Awal 2021
 
Listyo juga akan mengevaluasi sistem pengamanan yang dapat menjamin program prioritas nasional. Ada tiga poin aksi yang akan dilakukan, yakni mengevaluasi sistem pengamanan pada seluruh program prioritas nasional; menyusun pedoman dan SOP pengamanan pada program prioritas nasional; dan mengevaluasi metode pendampingan dan pengawalan program prioritas nasional berdasarkan hasil riset dan kebutuhan.
 
Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kapolri di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu pagi. Listyo juga menerima kenaikan pangkat dari bintang tiga atau komjen menjadi jenderal.
 
"Mengangkat Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia. Keputusan Presiden ini berlaku sejak mulai menjabat," ucap Sekretaris Militer Presiden membacakan Keputusan Presiden.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif