Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bersama menteri Kabinet Indonesia Maju. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

Beberapa Menteri Jokowi Pernah Diperiksa KPK

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
M Sholahadhin Azhar • 23 Oktober 2019 15:15
Jakarta: Beberapa menteri dalam Kabinet Indonesia Maju pernah berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka pernah diperiksa sebagai saksi dalam sejumlah kasus yang ada di Lembaga Antirasuah.
 
"Saya kira itu sudah terbuka ya informasinya," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Rabu, 22 Oktober 2019.
 
Febri enggan membuka nama-nama menteri yang pernah dipanggil penyidik KPK. Dari penelusuran Medcom.id, memang ada beberapa menteri dari Presiden Joko Widodo yang namanya terseret dalam dugaan praktik rasuah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, misalnya. Politikus PDI Perjuangan itu pernah diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan KTP elektonik (KTP-el). Dalam dakwaan jaksa KPK, Yasonna diduga menerima US84 ribu terkait kasus tersebut.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani juga pernah dihadirkan sebagai saksi dalam sidang perkara korupsi penyelamatan Bank Century. Sri bersaksi untuk terdakwa mantan Deputi Bank Indonesia Budi Mulya.
 
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar juga pernah berurusan dengan KPK. Kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini pernah diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan gratifikasi Bupati Ngajuk, Taufiqurrahman. Saat itu, Abdul menjabat sebagai ketua DPRD Jawa Timur.
 
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pernah hadir di Komisi Antikorupsi sebagai saksi untuk tersangka Dirjen Perhubungan Laut (Hubla) nonaktif, Antonius Tonny Budiono. Antonius diduga menerima suap dan gratifikasi.
 
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga tak luput dari panggilan KPK. Dia pernah diperiksa terkait kasus dugaan suap proyek jalan di Kementerian PUPR pada 2016. Kapasitas Basuki yakni sebagai saksi untuk tersangka Bupati Halmahera Timur Rudi Erawan.
 
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali pernah diperiksa dalam perkara kasus dugaan suap di Kementerian ESDM yang menjerat mantan Menteri ESDM Jero Wacik. Nama Zainuddin juga disebut dalam sidang kasus suap sengketa pilkada yang menjerat eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar.
 
Terakhir, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah pernah diperiksa KPK. Ida bersaksi dalam kasus dugaan korupsi pelaksanaan haji pada 2012-2013.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif