Polisi Khusus Lapas (Polsuspas) bersiaga di depan ruang tahanan khusus koruptor di LP Cipinang, Jakarta Timur. Foto: MI/Susanto
Polisi Khusus Lapas (Polsuspas) bersiaga di depan ruang tahanan khusus koruptor di LP Cipinang, Jakarta Timur. Foto: MI/Susanto

Kunjungan Lapas Lewat Video Call Imbas Wabah Korona

Nasional Virus Korona lembaga pemasyarakatan virus corona
Zaenal Arifin • 20 Maret 2020 18:54
Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly memberlakukan pelarangan kunjungan langsung kepada warga binaan di dalam lembaga pemasyarakatan (lapas). Kebijakan ini mengantisipasi penularan virus korona (covid-19) kepada warga binaan.
 
Namun, keluarga masih bisa mengunjungi warga binaan dan berkomunikasi dan warga binaan via bantuan teknologi. Misalnya, Lapas Klas I Cipinang menyediakan 10 peralatan panggilan video (video call).
 
"Kunjungan di lapas ada video call. Di sini (Lapas Cipinang) baru ada 10 laptop," kata Yasonna di Lapas Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengakui jumlah peralatan video call tidak sepadan dengan jumlah penghuni lapas. Lapas yang idealnya berkapasitas 850 orang tersebut kini dihuni 3.955 warga binaan. Yasonna akan menambah alat video call di Lapas Cipinang.
 
Dia menyebut jumlah peralatan video call untuk kunjungan lapas ini akan disesuaikan dengan besar fasilitas dan jumlah warga binaan. Hingga saat ini Yasonna memastikan belum ada warga binaan yang terpapar covid-19.
 
"Belum ada, mudah-mudahan jangan sampai (ada)," ucapnya.
 
Baca: Lapas Cipinang Disemprot Disinfektan
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif