KPK Periksa Sugiharto di Lapas Sukamiskin

Damar Iradat 11 Mei 2018 18:53 WIB
korupsi e-ktp
KPK Periksa Sugiharto di Lapas Sukamiskin
irman (kiri) sugiharto (kanan). Foto: Antara/ M Adimaja.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan pejabat Kementerian Dalam Negeri Sugiharto. Ia dimintai keterangan terkait perkara merintangi penyidikan kasus korupsi KTP elektronik.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Sugiharto diperiksa di Lembaga Permasyarakatan Sukamiskin, Bandung. Ia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari.
 
"Saksi tidak hadir ke KPK dan diperiksa di Lapas Sukamiskin, Bandung," kata Febri saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 11 Mei 2018.
 
Febri menjelaskan, pada pemeriksaan itu penyidik mengklarifikasi terkait waktu permintaan Markus Nari agar Sugiharto tidak menyebut namanya dalam persidangan. Hal tersebut bakal didalami lebih lanjut.

Baca: Irman dan Sugiharto Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) itu diduga dipengaruhi oleh Markus. KPK juga tengah melengkapi berkas perkara Markus Nari agar bisa masuk ke meja hijau.
 
Markus juga disangkakan sebagai orang yang memengaruhi politikus Hanura Miryam untuk memberikan keterangan tidak benar dalam persidangan KTP-el. Dia juga diduga memengaruhi Irman dan Sugiharto.
 
Dalam perkara ini, Markus Nari disangkakan melanggar Pasal 21 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah oleh UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id