Kombes Panca Putra jadi Dirdik KPK
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang. MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi memilih Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes Panca Putra sebagai Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK. Panca menggantikan Brigjen Aris Budiman yang kembali ke Polri.

Panca terpilih sebagai dirdik baru karena dinilai diyakini mampu membawa pemberantasan korupsi lebih baik. "Memang yang bersangkuan dinilai oleh pimpinan berlima sesuai di posisi itu," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang  kepada Medcom.id, Jakarta, Rabu, 19 September 2018.

Empat kandidat lain yang sempat mengikuti seleksi tahap akhir yakni, Kepala Subdit I Dittipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa dan Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan Kombes Yudhiawan Wibisono.


Baca: Jejak Karier Aris Budiman

Kemudian, juga Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Balitbang Kejaksaan Agung Yudi Kristiana dan penyidik KPK Budi Sukmo.

Saut mengatakan nantinya kelima pimpinan akan mengevaluasi kinerja Panca secara periodik. Hal itu dilakukan untuk mengetahui lebih jauh kemampuan Panca dalam menuntaskan perkara tindak pidana korupsi. "Namun akan dievaluasi secara periodik seperti apa performanya (Panca)," pungkas Saut.

Pelantikan akan digelar Kamis, 20 September 2018 besok. Undangan telah dikirimkan ke sejumlah pejabat Polri dan internal KPK.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id