Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan Ombudsman RI--Medcom.id/Juven Martua Sitompul.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan Ombudsman RI--Medcom.id/Juven Martua Sitompul.

Ombudsman Siap Beri Informasi Korupsi ke KPK

Nasional kpk korupsi ombudsman
Juven Martua Sitompul • 18 Maret 2019 14:19
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan Ombudsman RI. KPK dan Ombudsman RI sepakat melakukan kerjasama tentang informasi layanan publik yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi.
 
"Jadi MoU itu terkait dengan tukar menukar informasi, ada informasi layanan publik yang ke KPK ya itu diserahkan nanti ke Ombudsman. Sebaliknya informasi yang terkait dengan korupsi yang dilaporkan ke Ombudsman nanti akan diserahkan ke KPK," kata Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo di Gedung Ombudsman RI, Jakarta, Senin, 18 Maret 2019.
 
Tak hanya bertukar informasi, KPK dan Ombudsman juga akan menjalin kerja sama di bidang pendidikan dan pelatihan bersama. Termasuk, menggelar penelitian bersama tentang pencegahan praktik rasuah. "Mudah-mudahan kedua belah pihak bisa saling memperkuat dan bersinergi," ujar Agus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ombudsman Diminta Terlibat Pemberantasan Korupsi
 
Hal senada juga disampaikan Komisoner Ombudsman Amzulian yang menyebut MoU dilakukan agar koordinasi antar kedua lembaga berjalan dengan baik. Menurutnya, sebagai lembaga yang lahir pasca reformasi, kerjasama KPK dengan Ombudsman harus terus berjalan.
 
"Kedua hal ini sangat penting ya karena di negara yang korupsinya tinggi sudah pasti pelayanan publiknya jelek," kata Amzulian.
 
Amzulian mengatakan poin penting dari nota kesepahaman ini adalah mengupayakan pengelolaan pemerintah dan birokrasi yang baik. Terpenting, membuat Indonesia bersih dari praktik-praktik kotor.
 
"Bagi kami bagaiman supaya pengelolaan pemerintah, birokrasi pemerintah lebih baik dan bagi KPK tentu korupsi itu menjadi berkurang," pungkasnya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif