Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Adik Eks Bupati Lampung Utara Dijebloskan ke Lapas Rajabasa

Nasional KPK Kasus Suap kasus korupsi Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 29 April 2022 09:41
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalankan perintah eksekusi terhadap terpidana Akbar Tandaniria Mangkunegara. Adik mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas II Rajabasa, Bandar Lampung.
 
"Terpidana selanjutnya menjalani masa pidana badan selama empat tahun dikurangi masa penahanan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Jumat, 29 April 2022.
 
Eksekusi ini dilakukan Jaksa Eksekutor Josep Wisnu Sigit. Eksekusi ini mengacu pada putusan Pengadilan Tipikor pada PN Tanjung Karang Nomor: 51/Pid.Sus/TPK/2021/PN.Tjk tanggal 13 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK juga bakal menagih denda Rp200 juta ke Akbar. Denda itu wajib dibayar dalam waktu sebulan atau diganti dengan penjara selama empat bulan.
 
Baca: Bupati Nonaktif PPU Berpeluang Dijerat Pasal Pencucian Uang
 
Lembaga Antikorupsi itu juga bakal menagih pidana pengganti Rp3,2 miliar ke akbar yang harus dibayarkan dalam waktu sebulan. Akbar telah memberikan enam bidang tanah untuk mencicil pidana pengganti itu.
 
"Apabila tidak mampu membayar maka harta bendanya disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti dimaksud dan kemudian jika harta benda tidak mencukupi maka dipidana penjara selama delapan tahun," kata Ali.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif