Ratusan Juta Rupiah Disita Dalam OTT Anggota DPR
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: MI/Rommy Pujianto).
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang ratusan juta rupiah dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat, 4 Mei malam. Anggota DPR RI dan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta pihak swasta ditangkap dalam operasi senyap tersebut.

"Kami juga amankan sejumlah uang ada ratusan juta dari lokasi. Jadi diduga transaksi itu memang terjadi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Sabtu, 5 Mei 2018.

Febri mengatakan, total orang yang ditangkap dalam operasi ini berjumlah sembilan orang. Mereka yang ditangkap pun sudah dibawa ke markas Antirasuah.


"Pihak swasta yang kami duga sebagai pihak pemberi di sana, tapi tentu kami harus lakukan klarifikasi," jelas Febri.

Febri mengungkapkan dari informasi awal, uang ratusan juta yang diamankan itu diduga untuk pengurusan anggaran. Namun, Febri enggan mengungkap lebih detail penggunaan uang tersebut.

"Yang kita duga saat ini dari informasi awalnya terkait dengan proses pengurusan anggaran," jelas Febri.

Sebelumnya, seorang anggota DPR RI bersama dengan sejumlah PNS dan pihak swasta diamankan tim KPK di kawasan Jakarta Timur, Jumat, 4 Mei 2018 malam. Saat ini tim KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum kesembilan orang tersebut.



(DEN)