Gedung KPK. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Gedung KPK. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Pengusaha Wajib Menggaungkan Pemberantasan Korupsi

Candra Yuri Nuralam • 11 Agustus 2022 06:19
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pengusaha di Indonesia menjauhkan praktik koruptif dari kegiatan bisnisnya. Pengusaha harus bekomitmen membuat Indonesia bebas dari tindakan koruptif.
 
"Kejahatan korupsi menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua, sehingga diharapkan kita bersama-sama menyatakan diri untuk tidak korupsi dan turut aktif melakukan gerakan pemberantasan korupsi," kata Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardhiana melalui keterangan tertulis, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Wawan mengatakan KPK sudah memproses hukum 1.425 orang yang korupsi sampai Juni 2022. Sebanyak 362 orang yang diproses hukum merupakan pengusaha.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para pengusaha biasanya menyuap maupun memberikan gratifikasi untuk mendapatkan proyek dari penyelenggara negara. Kebiasaan kotor itu biasa terjadi karena banyak pengusaha mau sukses dalam waktu singkat.
 
"Hal ini terjadi karena antara lain adanya keinginan para pelaku usaha agar dimenangkan dalam tender pengadaan barang jasa yang diikutinya, ingin memonopoli proyek-proyek, atau ingin mendapatkan prioritas dalam pengurusan perizinan tanpa mengikuti prosedur aturan yang berlaku," ujar Wawan.
 
Wawan menegaskan upaya kotor itu salah. KPK meminta pemberian suap dan gratifikasi dari pengusaha ke penyelenggara negara disetop.
 
"Kami ingin mendorong dan memotivasi seluruh pelaku dunia usaha agar taat asas dan taat aturan hukum untuk menjauhi praktik korupsi," tutur Wawan.
 

Baca: Firli Instruksikan Deputi Penindakan Penuhi Gedung Baru KPK dengan Aset Koruptor


KPK juga bakal menggelar pendidikan antikorupsi ke pengusaha. Tujuannya, bisa menyetop permainan kotor pengusaha yang ingin mendapatkan proyek dengan cepat.

 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif