Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Medcom.id/Cindy
Koordinator MAKI Boyamin Saiman. Medcom.id/Cindy

Kejaksaan Agung Diminta Serius Menyikapi Survei Kinerja

Nasional survei Pelanggaran HAM Kejaksaan Kejaksaan Agung Penegakan Hukum
Media Indonesia.com • 21 Oktober 2021 23:49

Selanjutnya Boyamin juga mencontohkan kasus Bank Mandiri yang sudah 5 tahun yang lalu debiturnya PT CSI (PT Central Steel Indonesia) itu baru menyidangkan terdakwa kelas kecil. Dirinya menyebut banyak dari proses-proses yang belum terselesaikan jika ingin menilai Kejaksaan.
 
"Banyak kasus-kasus seperti itu, sehingga dalam pidana umum pun kasus mafia tanah Kejaksaan Agung juga belum mampu menghadirkan keadilan," kata dia. 
 
Termasuk, kasus pelanggaran HAM terkait peristiwa Semanggi 1 dan Semanggi 2 yang berkaitan dengan peristiwa HAM lain pada 1998. Mandeknya pengusutan perkara ini yang membuat MAKI menilai Kejaksaan Agung belum bisa memberikan keadilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Boyamin memberikan saran agar Kejaksaan Agung melakukan pembenahan. Khususnya di bidang sumber daya manusia. Boyamin meminta jaksa nakal agar diberhentikan dan yang integritasnya jelek jangan dipromosikan.
 
"Kemudian penanganan perkara harus mendatangkan keadilan dengan perspektif korban. Jadi kalau korupsi ya berarti justru ini harus cepat dan dituntaskan jangan berlarut-larut," lanjutnya. 
 
Menurutnya, semua perkara baik pidana umum termasuk pelanggaran HAM berat juga segera dituntaskan. Termasuk pidana umum yang berkaitan dengan penyidik kepolisian maupun penyidik-penyidik yang lain harus ada tolak ukur.
 
(ADN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif