Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak

Yasonna Sebut Perbaikan Sistem Diperlukan untuk Cegah Korupsi

Nasional pemberantasan korupsi
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 14:42
Jakarta: Menteri Yasonna H. Laoly menyebut perbaikan sistem di tataran manajemen sangat diperlukan. Hal ini untuk mencegah korupsi yang masih menjadi masalah besar di Indonesia.
 
"Perbaikannya harus dari sistem pencegahannya, manajemen keuangannya, proyeknya, semuanya membangun daripada titik pencegahan," kata Yasonna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut Yasonna, sistem pencegahan harus lebih baik untuk mengurangi korupsi. Pemerintah juga masih berupaya meracik sistem yang tepat untuk mencegah praktik kotor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu harus membangun sistem, sehingga korupsi tidak terjadi. Itu harus kita laksanakan," papar dia.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta ukuran kinerja penegakan hukum dan HAM harus diubah. Termasuk dalam hal pemberantasan kasus korupsi.
 
Menurut Jokowi, penegakan hukum yang keras harus didukung, dan penegakan HAM yang tegas harus diapresiasi. Keberhasilan para penegak hukum, kata dia, juga bukan hanya diukur dari berapa kasus yang diangkat dan bukan hanya berapa orang dipenjarakan.
 
"Harus juga diukur dari berapa potensi pelanggaran hukum dan pelanggaran HAM bisa dicegah, berapa potensi kerugian negara yang bisa diselamatkan. Ini perlu kita garis bawahi," kata Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara I, Jakarta.
 
Oleh sebab itu, menurut dia, manajemen tata kelola serta sistem harus dibangun. Demikian pula ukuran kinerja aparat pengawasan dan birokrasi pelaksana.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif