NEWSTICKER
Ilustrasi. Dok.MI
Ilustrasi. Dok.MI

Kompol Rossa Kirim Surat Keberatan ke Pimpinan KPK

Nasional kpk
Fachri Audhia Hafiez • 18 Februari 2020 20:51
Jakarta: Penyidik nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Kompol Rossa Purbo Bekti mengirimkan surat keberatan ke pimpinan Lembaga Antirasuah. Rossa ingin surat keputusan pemberhentian sebagai penyidik KPK dicabut.
 
"Pimpinan KPK menerima surat keberatan dari Mas Rossa, kami terima 14 Februari 2020," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Menurut dia, langkah yang ditempuh Rossa benar. Karena sesuai dengan ketentuan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang mekanisme yang bisa ditempuh ketika ada masyarakat atau warga yang dirugikan terhadap sebuah keputusan, bisa melakukan upaya administrasi, yaitu keberatan dan banding," ujar Ali.
 
Kompol Rossa Kirim Surat Keberatan ke Pimpinan KPK
Pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
 
Ali mengatakan pimpinan KPK masih membahas surat keberatan itu. Pimpinan akan menjawab surat itu dan menyampaikan kepada Rossa.
 
Pengembalian Rossa ke Polri sempat menimbulkan kontroversi. Keputusan itu dinilai tidak sesuai mekanisme karena masa tugas Rossa masih panjang hingga 23 September 2020.
 
Polri pun membatalkan permohonan penarikan melalui surat resmi pada Jumat, 21 Januari 2020, dan Sabtu, 29 Januari 2020. "Itu sudah disposisi kembali oleh pimpinan, karena sudah ada keputusan. Jadi itu sudah kami jelaskan. Sekarang ini surat keputusan sudah diterima Mas Rossa dan dia melakukan upaya banding administratif kepada pimpinan," jelas Ali.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif