Ilustrasi BPJS Kesehatan. MI Ramdani
Ilustrasi BPJS Kesehatan. MI Ramdani

Perpres Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Bisa Digugat ke MA

Nasional BPJS Kesehatan
Fachri Audhia Hafiez • 14 Mei 2020 15:52
Jakarta: Permohonan judicial review (JR) Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan ke Mahkamah Agung (MA) bisa menjadi opsi menghalangi naiknya kembali tarif iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. MA pernah membatalkan kenaikan iuran dalam perpres sebelumnya.
 
"Bisa saja digugat, JR lagi ke MA atau dicabut pemerintah dengan kesadaran hukum yang tinggi," kata pakar hukum tata negara Universitas Andalas, Feri Amsari, kepada Medcom.id, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Batalnya kenaikan iuran BPJS Kesehatan pernah diputus oleh MA melalui putusan Nomor 7P/HUM/2020. Putusan terkait JR Perpres Nomor 75 Tahun 2019 tentang Jaminan Kesehatan. Kini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perpres Nomor 64 Tahun 2020 untuk kembali menaikkan tarif iuran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Berpotensi Melanggar Konstitusi)
 
Feri menilai langkah ini tidak baik dan cenderung mengikuti jejak DPR. Legislator kerap membuat undang-undang baru ketika undang-undang digugat lalu dibatalkan.
 
Pemerintah juga bakal menghadapi konsekuensi atas dikeluarkannya kebijakan itu. Dia menyebut ini akan berdampak pada lawan politik.
 
"Jika lawan politik mengetahui (aturan itu) perbuatan melawan hukum dapat dijadikan bahan angket, maka itu bisa digulirkan," ujar Feri.
 
Iuran peserta BPJS Kesehatan untuk Kelas III ditetapkan Rp42 ribu. Sementara untuk Kelas II Rp100 ribu dan Kelas I Rp150 ribu.
 
Penaikan iuran mencapai 100 persen itu dianggap mencekik, terutama kelompok mandiri di kelas III. Publik kembali hitung-hitungan angka yang harus dikeluarkan per bulan.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif