Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)
Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Foto: Antara/Muhammad Iqbal)

Dikejar Tenggat Waktu, Bamsoet Pantau Pembahasan RUU

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 05 Juli 2019 14:07
Jakarta: Masa jabatan DPR Periode 2014-2019 akan berakhir. Namun, masih banyak tugas legislasi yang belum diselesaikan.
 
Menyikapi hal tersebut, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebutkan, komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) tengah berusaha menyelesaikan target pembahasan legislasi. Diharapkan, pembahasan beberapa aturan selesai dilakukan dan disahkan.
 
"Mudah-mudahan terjawab berapa yang bisa kita selesaikan dari legislasi," kata Bamsoet, di ruang kerjanya di lantai 3 Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu aturan yang paling diharapkan selesai pada periode ini yaitu RUU Kitab Hukum Undang Undang Pidana (KUHP). Mengingat, pembahasan aturan tersebut sudah berlangsung cukup lama.
 
Dalam beberapa kesempatan, Bamsoet maupun Komisi III DPR menyampaikan bahwa pembahasan RUU KUHP sudah mendekati final. Mereka pun berharap segera disahkan sebelum periode 2014-2019 berakhir.
 
Namun, hingga saat ini tanda-tanda pengesahan belum terlihat. Saat ditanya alasannya, dia tidak mengetahui alasan secara rinci penyebabnya. Namun, dia berjanji akan menindaklanjuti ke komisi terkait.
 
"Nanti saya tanya kepads Panja (Panitia Kerja) kenapa belum diketok palu," kata Bamsoet.
 
Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu mengingatkan, salah satu penyebab molornya pembahasan RUU KUHP atau aturan lain bukan semata salah DPR. Sebab, pembahasan dilakukan bersama pemerintah.
 
"Nanti akan saya tanya apa hambatannya. Apakah pihak pemerintah rajin datang atau kitanya yang menghambat," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif