Tersangka kasus dugaan korupsi dana apel dan kemah pemuda Islam Indonesia, Ahmad Fanani. Foto: Siti Yona Hukmana/Medcom.id
Tersangka kasus dugaan korupsi dana apel dan kemah pemuda Islam Indonesia, Ahmad Fanani. Foto: Siti Yona Hukmana/Medcom.id

Polisi akan Periksa Kembali Eks Bendahara Pemuda Muhammadiyah

Nasional kasus korupsi
Siti Yona Hukmana • 14 Agustus 2019 13:56
Jakarta: Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya segera memanggil tersangka kasus dugaan korupsi dana apel dan kemah pemuda Islam Indonesia, Ahmad Fanani. Ini akan menjadi pemanggilan ketiga untuk Fanani.
 
"Akan dijadwalkan setelah 17 Agustus," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Iwan Kurniawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jendral Sudirman, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Iwan belum dapat memastikan jadwal pemeriksaan terhadap mantan Bendahara Pemuda Muhammadiyah itu. Penyidik masih berkoordinasi untuk menyesuaikan jadwal Fanani.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti kita akan koordinasikan kapan dia bisa hadir," ujar Iwan.
 
Iwan mengatakan pihaknya belum berencana memanggil paksa Fanani. Kendati, Fanani sudah dua kali mangkir dalam pemeriksaan sebagai tersangka.
 
"Yang bersangkutan sebenarnya memberitahu tidak bisa hadir, jadi masih kita kategorikan sebagai orang yang kooperatif," kata Iwan.
 
Fanani ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik menjalankan gelar perkara, Rabu, 19 Juni 2019. Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) telah dikirim ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. Dalam kasus itu, Fanani diduga merugikan negara hingga Rp1,7 miliar.
 
Sebelum penetapan tersangka, polisi telah memeriksa belasan saksi di Yogyakarta. Mereka adalah panitia yang terlibat dalam kegiatan apel dan kemah pemuda Islam Indonesia.
 
Polisi juga memeriksa sejumlah eks pengurus Pemuda Muhammadiyah. Mereka di antaranya mantan Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak, mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pemuda Muhammadiyah Putra Batu Bara, mantan Sekretaris Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia Virgo Sulianto Gohardi, mantan Bendahara Kemah dan Apel Pemuda Islam Indonesia Fuji Abdurrohman dan Syahputra.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif