Ilustrasi KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto

KPK Geledah Sejumlah Tempat Terkait Kasus PAW Caleg PDIP

Nasional OTT KPK
M Sholahadhin Azhar • 10 Januari 2020 16:15
Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah sejumlah tempat untuk mendalami kasus dugaan suap pengurusan Pergantian Antarwaktu (PAW) calon anggota legislatif (caleg) DPR periode 2019-2024 dari PDI Perjuangan. Penggeledahan ini diklaim sudah seizin Dewan Pengawas KPK.
 
"Tim penyidik sejak semalam langsung bekerja dan saat ini izin dari dewas untuk melakukan beberapa kegiatan di beberapa tempat sudah kami terima," kata pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.
 
Ali tak mau membeberkan lokasi-lokasi penggeledahan. Tim penyidik masih mengumpulkan bukti-bukti rasuah. Ali berjanji menyampaikan perkembangan usai penyidik mendapatkan hasil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perkembangannya akan kami sampaikan kembali pada kesempatan pertama," katanya.
 
KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Rabu, 8 Januari 2020. Wahyu diduga menerima suap untuk mengupayakan PAW caleg PDIP di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan, Harun Masiku.
 
KPK menyita uang Rp400 juta dalam pecahan mata uang dolar Singapura saat OTT di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.Wahyu juga diduga telah menerima suap Rp200 juta.
 
KPK menetapkan empat tersangka dalam kasus itu. Wahyu dan orang kepercayaannya sekaligus mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Agustiani Tio Fridelina, menjadi tersangka penerima suap.
 
Harun dan pihak swasta, Saeful, menjadi tersangka penyuap. Saeful diduga menjadi staf di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.
 
Para tersangka sudah mendekam di tahanan KPK, kecuali Harun. KPK meminta agar Harun segera menyerahkan diri.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif