KPK Undang 16 Parpol Hadir Konferensi Pemberantasan Korupsi

Sunnaholomi Halakrispen 04 Desember 2018 08:46 WIB
kpkhari antikorupsi internasional
KPK Undang 16 Parpol Hadir Konferensi Pemberantasan Korupsi
Juru bicara KPK Febri Diansyah - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundang 16 partai politik peserta Pemilu 2019 hadir dalam Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi 2018. Acara digelar menjelang Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang jatuh pada 9 Desember. 

Rangkaian acara akan digelar selama dua hari, yakni Rabu, 4 Desember 2018 dan Kamis 5, Desember 2018. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan parpol sengaja diundang untuk mendorong penerapan sistem politik yang lebih berintegritas. 

"Ini berangkat dari dua fenomena. Pertama, ada lebih dari 61 persen kasus korupsi yang ditangani KPK melibatkan aktor politik," tutur Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin malam, 3 Desember 2018. 


Febri mengungkapkan selama 11 tahun terakhir terdapat 69 anggota DPR yang diproses oleh KPK. Untuk itu penting supaya parpol melahirkan kader berintegritas. 

(Baca juga: Pengamat: Biaya Politik Mahal Picu Korupsi Mengalir ke Parpol)


Apalagi, tahun depan merupakan pesta demokrasi. Masyarakat bakal memilih pemimpin negara maupun legislator. 

"Karena itu 16 parpol yang sudah diundang akan menandatangani komitmen bersama melakukan pemberantasan korupsi atau pencegahan korupsi bersama-sama," tutur dia. 

Lembaga Antirasuah juga mengundang 20 organisasi masyarakat sipil dan pusat kajian antikorupsi. Seperti diketahui, pencegahan korupsi di sektor swasta atau bisnis, gerakan masyarakat sipil, juga menjadi fokus KPK.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id