Gedung KPK. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Gedung KPK. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jangan Khawatir Guys, Kehadiran Johanis Tanak Bisa Mempertajam Taring KPK

Candra Yuri Nuralam • 29 September 2022 09:59
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik terpilihnya Johanis Tanak sebagai wakil ketua KPK. Johanis diyakini bisa mempertajam taring KPK.
 
"Dengan latar belakang yang sarat pengalaman dari Kejaksaan Agung, akan menjadi penguat pemberantasan korupsi yang diemban KPK," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 29 September 2022.
 
Ali yakin Johanis bisa menyempurnakan kekosongan jabatan pimpinan yang membuat kinerja KPK sedikit terganggu beberapa waktu belakangan. Johanis diyakini bisa menggerakan semua motor kinerja KPK.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentunya tidak hanya pada aspek penanganan perkara, namun perspektif dan analisisnya juga akan sangat diperlukan sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan lembaga, baik pada strategi pencegahan maupun pendidikan antikorupsi," ujar Ali.
 
Johanis juga diyakini bisa menguatkan sinergi antarpenegak hukum. Jabatan dia di Kejaksaan Agung diyakini bisa membuat lobi-lobi penanganan kasus semakin cepat.
 
"KPK juga diamanahi oleh undang-undang untuk melakukan koordinasi dan supervisi penanganan perkara tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan maupun Kepolisian," ucap Ali.
 
KPK bakal menancap gasnya usai Johanis menduduki kursi jabatannya. Pemberantasan korupsi bakal dimaksimalkan kembali setelah pimpinan KPK lengkap.
 
"Selanjutnya dengan telah lengkapnya komposisi lima pimpinan sesuai undang-undang, KPK tentu segera berkonsolidasi kembali dalam langkah-langkah penguatan pemberantasan korupsi tersebut," kata Ali.
 

Baca: Firli ke Johanis Tanak: Mari Kita Bersihkan Negeri Ini dari Praktik Korupsi


Komisi III DPR telah menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon pengganti pimpinan KPK. Mayoritas anggota Komisi III memilih Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli.
 
"Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019-2023, apakah dapat disetujui?" kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.
 
"Setuju," jawab seluruh anggota Komisi III yang menghadiri seleksi calon anggota pengganti pimpinan KPK.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif