Irjen Firli Bahuri. MI/Susanto
Irjen Firli Bahuri. MI/Susanto

Alasan Firli Diangkat Sebagai Kabarharkam

Nasional mutasi perwira polri
Candra Yuri Nuralam • 08 November 2019 22:17
Jakarta: Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri mendapat promosi menjadi Kabarhakam Polri. Firli mendapat kenaikan satu pangkat, tepatnya Komisaris Jenderal (Komjen).
 
"Ya, benar yang bersangkutan mendapat promosi karena dinilai berprestasi dan mumpuni. Pangkatnya akan menyesuaikan dengan jabatan barunya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 8 November 2019.
 
Iqbal mengatakan Firli punya sederat catatan prestasi semenjak meniti karir di akademi kepolisian (Akpol). Firli pernah menjadi Komandan Resimen Korp Taruna tingkat I, II, dan III Akpol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejak taruna, Pak Firli itu kariernya sudah cemerlang, memimpin taruna dari tingkat I sampai III. Dia memimpin sebagai Komandan Resimen Korp Taruna pada tahun 1990, memimpin semua taruna tingkat I, II, III," ujar Iqbal.
 
Iqbal mengatakan jabatan tersebut tidak mudah didapatkan. Hanya segelintir anggota yang bisa dipercaya memangku jabatan tersebut.
 
Jabatan itu juga hanya bisa taruna dengan nilai akademik, fisik, dan mental kepribadian yang tinggi. Sebab, kata dia, Danmenkorp Taruna itu adalah idola serta tauladan semua taruna yang ada.
 
Firli juga pernah menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden Boediono. Ini jadi prestasi tertinggi Firli di level perwira menengah karena hanya orang yang cerdas, memiliki pola pikir cemerlang, dan mempunyai kepribadian yang mumpuni yang bisa terpilih menjadi ajudan RI 2.
 
"Maka Pak Firli sangat layak dipromosikan (sebagai Kabaharkam)," tegas Iqbal.
 
Iqbal mengatakan Firli juga berprestasi selama menjabat sebagai Kapolda NTB dan Kapolda Sumatera Selatan.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif