Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dinilai Berhasil Tangani Karhutla, Kapolda Riau Diganjar Penghargaan

Nasional polri Kebakaran Lahan dan Hutan
Arga sumantri • 09 Oktober 2020 18:47
Jakarta: Kapolda Riau Irjen Agung Setya menyabet penghargaan Indonesia Awards 2020 yang digelar salah satu televisi swasta. Ia dinilai berjasa dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menggunakan teknologi di Bumi Melayu Lancang Kuning.
 
"Penghargaan ini bentuk apresiasi terhadap upaya Polda Riau dalam menanggulangi Karhutla. Penghargaan ini kami persembahkan, dan untuk masyarakat Riau," kata Agung Setya melalui keterangan tertulis, Jumat, 9 Oktober 2020.
 
Sejak awal 2020, kata dia, Polda Riau telah memanfaatkan aplikasi dashboard Lancang Kuning berbasis teknologi informasi guna memantau kemunculan titik api. Dengan aplikasi Lancang Kuning ini, setiap karhutla bisa langsung ditanggulangi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan, sejak Januari hingga 7 Oktober 2020, titik api yang terdata berjumlah 5.262 titik api. Semuanya disebut berhasil dipadamkan.
 
Agung mengatakan, komitmen mewujudkan langit biru bagi masyarakat Riau menjadi target utama dan prioritas. Upaya tersebut dibuktikan secara bersinergi bersama semua komponen, mulai dari TNI, Manggala Agni, petugas pemadam kebakaran, serta para relawan.
 
"Terima kasih kepada masyarakat Riau. Kita bersama-sama wujudkan langit biru untuk kita semua, saling bersinergi," jelasnya.
 
Baca: Ratusan Titik Panas Muncul di Bangka Belitung
 
Dashboard Lancang Kuning diluncurkan Polda Riau untuk memantau Karhutla Januari 2020. Pemanfaatan aplikasi tersebut memungkinkan Polda Riau mengarahkan personel secara cepat ke titik api yang muncul.
 
"Ini teknologi pertama diterapkan Polda Riau. Sudah seharusnya Karhutla di Riau tidak berulang karena penanganan yang lambat," ungkapnya.
 
Sejak dilantik 30 September 2019, Agung memang berkomitmen memadamkan Karhutla di tanah Melayu. Saat itu, Agung menyatakan akan melibatkan berbagai pihak untuk bekerja bersama.
 
Pemanfaatan Dashboard Lancang Kuning juga melibatkan relawan dari berbagai elemen masyarakat. Polda Riau juga memberikan apresiasi bagi relawan yang aktif membantu penanggulangan Karhutla. Berselang dua bulan setelah aplikasi diluncurkan, Polda Riau langsung menangani 37 tersangka Karhutla.
 
Kapolri Jenderal Idham Aziz memberikan pujian kepada Kapolda Riau saat meresmikan aplikasi Lancang Kuning Nusantara. Begitu pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Gubernur Riau Syamsuar.
 
Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), kebakaran hutan dan lahan di Riau pada 2019 mencapai 90.550 hektare. Angka tersebut menurun signifikan pada 2020 menjadi 15.355 hektare.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif