Sebanyak 3 anggota komplotan garong sepeda motor di Jakarta ditangkap. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Sebanyak 3 anggota komplotan garong sepeda motor di Jakarta ditangkap. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Komplotan Garong Sepeda Motor di Jakarta Ditangkap

Nasional pencurian
Siti Yona Hukmana • 02 Maret 2021 03:16
Jakarta: Polda Metro Jaya menangkap komplotan garong sepeda motor. Mereka ialah AKS, 25; GS, 26; dan C, 35. Komplotan ini mencuri sepeda motor untuk beragam kebutuhan pribadi.
 
"Salah satu faktor yang melatarbelakangi ekonomi. Ada satu tersangka hasil penjualannya digunakan membeli barang haram, karena sudah ketergantungan narkoba," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin, 1 Maret 2021.
 
Sebanyak 2 dari 3 pelaku menggunakan uang hasil kejahtan untuk membeli narkoban. Yusri juga mengatakan komplotan ini telah 10 kali beraksi. Terakhir mereka saling bergonta-ganti peran untuk menggondol sepeda motor di Ciracas, Jakarta Timur dan Tapos, Kota Depok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AKS peran eksekutor, GS sebagai joki memantau situasi, dan C yang mengantar. Pendalaman diketahui mereka sering bertukar-tukar peran," ujar Yusri.
 
Baca: Spesialis Curanmor di Tangerang Ditangkap
 
Yusri menuturkan garong sepeda motor itu melancarkan aksinya dengan mula-mula melakukan patroli. Tersangka AKS, GS, dan C menyasar sepeda motor yang terpakir di perumahan, rumah toko (ruko), dan indekos.
 
"Ada yang memantau kendaraan di waktu yang di atas pukul 18.00 sampai 19.00 WIB. Tidak sampai satu menit sepeda motor berhasil diambil," ungkap Yusri.
 
Polisi menerima laporan korban yang kehilangan sepeda motor pada 23 November 2020 dan Jumat, 26 Februari 2021. Kemudian, menangkap ketiga pelaku pada hari yang sama, yaitu Jumat, 26 Februari 2021 di daerah Lampung.
 
Ketiganya ditahan. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman tujuh tahun penjara.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif