Ilustrasi/MI/Pius Erlangga
Ilustrasi/MI/Pius Erlangga

Dua Pelaku Vandalisme di Tangerang Dihukum Empat Bulan Penjara

Nasional vandalisme
Siti Yona Hukmana • 08 Mei 2020 10:12
Jakarta: Sebanyak dua pelaku vandalisme kelompok Anarko di Kota Tangerang telah menjalani persidangan. Hakim memutuskan hukuman penjara bagi dua pelaku di bawah umur tersebut.
 
"Berkas dua pelaku anak A dan RH telah divonis hakim dengan hukuman empat bulan penjara," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 8 Mei 2020.
 
Keputusan itu dilakukan hakim melalui tiga kali diversi atau pengalihan penyelesaian perkara. Mengingat, keduanya masih di bawah umur. Hakim tetap menjatuhkan hukuman penjara bagi mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Upaya tiga kali diversi sesuai proses peradilan anak tidak berhasil," kata Yusri.
 
Baca:Airin Minta Warga tak Terprovokasi Aksi Vandalisme
 
Sementara berkas tiga pelaku vandalisme lainnya sudah dilimpahkan ke pihak kejaksaan. Penyidik menunggu jawaban Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kelengkapan berkas perkara.
 
Polda Metro Jaya menangkap lima pelaku vandalisme dari kelompok Anarko di Kota Tangerang pada Jumat, 10 April 2020. Mereka mencoret dinding pertokoan dengan kalimat provokatif yang berpotensi memicu kerusuhan.
 
Coretan bernada provokatif seperti 'sudah krisis saatnya membakar', 'kill the rich', 'mau mati konyol atau melawan'. Polisi menyita barang bukti berupa sejumlah buku yang berjudul Marxis Otonomis, Massa Aksi, Indonesia dalam Krisis, Coret-coret di Toilet, Pencerahan tanpa Kegerahan, Ek Nihilo, dan berbagai buku lainnya.
 
Kelompok itu juga berencana melakukan penjarahan besar-besaran pada 18 April 2020. Hal itu diketahui usai polisi memeriksa ponsel lima pelaku.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif