Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Sanksi Pelanggar PSBB Tercantum dalam Pergub

Nasional Virus Korona PSBB
Siti Yona Hukmana • 09 April 2020 15:05
Jakarta: Polisi masih menunggu peraturan gubernur (pergub) terkait penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta, termasuk pada pembatasan kendaraan. Pergub tersebut akan mengatur sanksi untuk para pelanggar PSBB.
 
"Sanksi untuk pembatasan kendaraan yang melanggar apa? kita tunggu di peraturan gubernur, ada sanksinya," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, 9 April 2020.
 
Sambodo mengatakan pergub juga akan menjelaskan rinci standar operasional prosedur (SOP) pembatasan kendaraan. Pergub diperkirakan terbit sore ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita tunggu saja," ucap Sambodo.
 
Baca: Pemerintah Diminta Pertegas Aturan Soal PSBB
 
Di samping itu, Sambodo menekankan pembatasan hanya berlaku pada jumlah penumpang di kendaraan pribadi maupun umum. Bagi kendaraan roda empat dilarang membawa penumpang sesuai batas maksimal bangku.
 
Misalnya, mobil jenis minibus yang seharusnya muat enam penumpang, sementara waktu hanya boleh mengangkut tiga penumpang. Kendaraan umum seperti bus juga hanya boleh membawa 50 persen penumpang.
 
Pembatasan juga berlaku untuk kendaraan roda dua, termasuk ojek. Kendaraan roda dua dilarang membawa penumpang. Mereka hanya diperbolehkan membawa barang.
 
Sambodo memastikan tidak ada pengalihan arus lalu lintas maupun penutupan untuk kendaraan yang akan keluar dan masuk Jakarta.
 
Pemprov DKI bakal menerapkan PSBB pada Jumat, 10 April 2020, pukul 00.00 WIB. Pemberlakuan PSBB itu untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19) di Ibu Kota.
 
Jakarta merupakan zona merah dalam penyebaran virus korona. Per Rabu, 8 April 2020, ada 1.552 pasien positif korona di Jakarta. Sebanyak 144 orang pasien meninggal dan 75 orang sembuh.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif