Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Langgar Protokol Kesehatan, General Manager Waterboom Lippo Cikarang Jadi Tersangka

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan
Siti Yona Hukmana • 14 Januari 2021 13:02
Jakarta: General Manager (GM) Waterboom Lippo Cikarang, Ike Patricia, dan Manager Marketing, Dewi Nawang Sari, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan. Keduanya dianggap telah membiarkan terjadinya kerumunan massa di Waterboom Lippo Cikarang.
 
"Saat ini telah ditetapkan dua orang tersangka dalam kasus ini, yaitu GM Waterboom Lippo Cikarang dan Manager Marketing Waterboom Lippo Cikarang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Yusri mengatakan penetapan tersangka dilakukan setelah gelar perkara. Penyidik sebelumnya telah memeriksa 14 saksi dalam kasus ini. Mereka adalah Anggota Polsek Cikarang Selatan, Iskandar Zulkarnaen, Edi Yanto, Sugito, dan Financial Controler Ismanto Setiadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, petugas tiket Nurhayati, Nur Walidi, Endi, Dea Meriyanti, Tri Handayani, dan Abdul Yani. Selanjutnya dari pihak sekuriti Komarudin, Life Guard Koordinator Rudi, dan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Supriadinata.
 
Penyidik mengantongi dua alat bukti yang cukup terkait dugaan pelanggaran kedua tersangka. Ike Patricia disebut sebagai inisiator membuat tiket promo dengan tujuan menarik pengujung.
 
"Sedangkan Dewi sebagai inisiator membuat tiket promo dan membagikannya di akun Instagram @waterboomlippocikarang," kata Yusri.
 
Baca: 10 Restoran Disegel dalam Satu Hari karena Langgar Prokes
 
Yusri mengatakan manajemen Waterboom Lippo Cikarang memberikan harga tiket promo khusus pada Minggu, 10 Januari 2021, sebesar Rp10 ribu. Promo itu hanya diinformasikan di media sosial Instagram @waterboomlippocikarang_ milik Manajemen Waterboom Lippo Cikarang pada Rabu, 6 Januari 2021.
 
"Promo tersebut membuat masyarakat yang mengetahuinya tertarik dan datang ke Taman Rekreasi Air Waterboom Lippo Cikarang, sehingga terjadi kerumuman massa," ujar Yusri.
 
Yusri menyebut harga normal tiket pada Senin-Jumat (Weekday) sebesar Rp60 ribu. Sedangkan, pada Sabtu-Minggu atau hari libur nasional (Weekend) sebesar Rp95 ribu.
 
"Efek dari promo, pengunjung yang sudah masuk sebanyak 2.358 orang, di mana Waterboom Lippo Cikarang tidak menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang sudah ditetapkan oleh pemerintah," ucap Yusri.
 
Jumlah pengunjung itu jauh lebih banyak dari biasanya. Pada hari biasa dengan harga tiket normal jumlah pengunjung kurang lebih 500 orang.
 
Kedua tersangka dikenakan pasal berlapis, yakni Pasal 9 Jo Pasal 93 Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, Pasal 216 KUHP dan Pasal 218 KUHP. Kedua tersangka terancam hukuman penjara masing-masing 1 tahun dan empat bulan dua minggu.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif