Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Dok KPK.
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Dok KPK.

Firli: Korupsi Marak Disebabkan Serakah dan Hukuman Ringan

Fachri Audhia Hafiez • 20 Mei 2022 10:13
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai penyebab seseorang korupsi dipengaruhi faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yakni munculnya keserakahan.
 
Hal itu disampaikan Firli dalam rapat koordinasi (rakor) dan dengar pendapat program pemberantasan korupsi terintegrasi bersama pimpinan DPRD se-Sumatera Selatan (Sumsel) di Ruang Serbaguna Gedung DPRD Provinsi Sumsel pada Kamis, 19 Mei 2022.
 
"Faktor internal karena keserakahan, kesempatan, kebutuhan, dan hukuman rendah untuk pelaku korupsi," kata Firli melalui keterangan tertulis, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan, faktor eksternal penyebab orang korupsi karena sistem yang gagal, buruk, dan lemah. Tetapi, kata Firli, akar dari semua itu adalah lemahnya integritas pada individu.
 
Baca: Firli: Pemberantasan Korupsi Efektif Jika Semua Penegak Hukum Berkerja Sama
 
Firli mengatakan pentingnya menanamkan integritas pada kader partai politik dalam rangka pencegahan korupsi. Sebab, kader partai punya peluang untuk menjadi pemimpin daerah serta wakil rakyat.
 
"Tugas partai mencari kader calon pemimpin yang mempunyai integritas dan kapabilitas. Fokus pada niatan itu," ujar Firli.
 
Menurut Firli, sebagai negara demokrasi mestinya peluang korupsi lebih kecil. Namun, kondisi saat ini jutsru sebaliknya.
 
"Dengan demokrasi, tidak perlu ada lagi korupsi, tapi sayangnya karena ada demokrasi jadi ada peluang korupsi. Seharusnya, dengan ruh keterbukaan tidak ada lagi celah korupsi," ucap Firli.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif