Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - Medcom.id/Cindy.
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - Medcom.id/Cindy.

Terduga Teroris Tertangkap di Jateng-Jatim Pernah ke Suriah

Nasional terorisme
Cindy • 16 Mei 2019 08:34
Jakarta: Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan tujuh dari sembilan terduga teroris yang ditangkap di Jawa Tengah dan Jawa Timur pernah ke Suriah. Ketujuhnya memiliki militansi tinggi.
 
"Yang menjadi catatan penting, di antara sembilan pelaku terorisme yang sudah berhasil diamankan Densus 88, tujuh di antaranya pernah berangkat ke Suriah, dua belum pernah berangkat ke Suriah," beber Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Dedi mengungkapkan kelompok Jamaah Ansharut Daulah kelompok Jawa ini memiliki pengalaman, kemampuan dan militansi yang tinggi. Adapun, terduga teroris yang pernah ke Suriah yakni AH alias Memet, A alias David, IH alias Iskandar, AU alias Al, AS alias Tatang, dan TT alias Darma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AH alias Memet, keterlibatan pernah berangkat ke Suriah pada Januari 2015 dan bergabung dengan kelompok ISIS di Suriah," beber dia.
 
Sementara, IH alias Iskandar, AS alias Tatang dan TT alias Darma berangkat ke Suriah untuk latihan fisik dan bela diri. Dedi menambahkan IH berangkat ke Suriah pada Oktober 2014-Agustus 2017, sementara AS dan TT ke Suriah pada 2013.
 
(Baca juga:8 Terduga Teroris Ditangkap di Jawa Tengah)
 
Kemudian AU alias Al pernah bergabung dalam ISIS. Dia berperan dalam pengambilan visual dan logistik di Suriah.
 
"Yang bersangkutan berperan di ISIS di Suriah bagian logistik, memiliki tugas survei, ambil foto dan video pembagian logistik di Suriah," ujar Dedi.
 
Sementara satu terduga teroris, AM alias Farel pernah mencoba berangkat ke Suriah melalui Turki sebanyak dua kali. Namun, upaya itu tak berhasil.
 
"Keterlibatan yang bersangkutan berangkat ke Suriah tapi hanya sampai Turki, tertangkap kemudian dideportasi ke Indonesia. Kemudian yang bersangkutan berangkat lagi ke Suriah yang kedua, sama, di Turki ditangkap lagi sehingga dideportasi ke Indonesia yang kedua," tutur Dedi.
 
Sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap sembilan terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) kelompok Jawa. Terduga terosis di tangkap di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif