Ilustrasi. Medcom.id/m Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/m Rizal

Tiga Penipu di Jakarta Utara Ditangkap

Nasional penipuan
Siti Yona Hukmana • 20 Juli 2019 03:10
Jakarta: Subdirektorat Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya menangkap tiga penipu berkedok kecelakaan di Jakarta Utara. Mereka yakni A, M dan AZ.
 
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, para penipu itu melancarkan aksinya dengan modus menghubungi orang tua murid dan menyebutkan bahwa anak korban tengah mengalami kecelakaan. Aksi biasanya dilakukan satu kali dalam sepekan.
 
"Kemudian meminta uang sekitar Rp17 juta sampai puluhan juta rupiah, tergantung dari objek. Dia main sejak 2009 hingga sekarang," kata Argo di Markas Polda Metro Jaya, Jumat, 19 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Argo, tiga pelaku berbagi peran. Tersangka A, bertugas mencari nomor telepon orang tua murid. A biasanya mendapat nomor telepon orang tua murid dari sekolah yang telah dijadikan target operasi.
 
Kemudian, tersangka inisial M diketahui sebagai kapten dalam komplotan ini. M biasanya berpura-pura jadi dokter, guru, atau jaga apotek.
 
"Setelah dia menerima identitas atau data orang tua murid, dia akan menelpon mengatakan bahwa anak korban sakit atau kecelakaan," ungkap Argo.
 
Setelah korban percaya, tersangka M mengarahkan korban untuk menghubungi pihak rumah sakit. Padahal, M sendiri pula yang berpura-pura sebagai pihak rumah sakit.
 
Selanjutnya, tersangka M meminta korban untuk mengirimkan sejumlah uang untuk menebus obat maupun alat operasi. Jumlah uang yang diminta tergantung cerita kecelakaan yang dibuat oleh tersangka M.
 
"Setelah itu, tersangka AZ beraksi untuk memastikan pengiriman uang itu. Kalau korban belum telepon atau transfer. Ini dia yang akan memastikan lagi kepada korban," imbuh Argo.
 
Aksi ketiganya terendus setelah salah satu korban penipuan mereka melapor ke polisi. Para pelaku ditangkap di sebuah apartemen kawasan Jakarta Utara. Ketiganya diketahui warga Sulawesi Selatan.
 
Ketiga tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 4 dan Pasal 5 Juncto Pasal 2 ayat (1) huruf r dan atau z UU RI Nomor 8 tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian. Ancaman hukumannya, penjara tujuh tahun hingga 20 tahun.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif