Eni Maulani Saragih menjawab pertanyaan wartawan seusai pemeriksaan di KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Eni Maulani Saragih menjawab pertanyaan wartawan seusai pemeriksaan di KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Eni Ingin Markus Mekeng Jadi Saksi

Nasional Korupsi PLTU Riau-1
Fachri Audhia Hafiez • 08 Januari 2019 18:46
Jakarta: Terdakwa kasus suap dan gratifikasi Eni Maulani Saragih meminta agar koleganya di Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng dihadirkan sebagai saksi di persidangan. Menurut dia, kesaksian Mekeng akan meringankan hukuman yang akan dijatuhi kepadanya.
 
"Karena dia masuk dalam berita acara pemeriksaan (BAP) saya, saya ingin dia hadir untuk meringankan saya," kata Eni di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Baca: Eni Saragih Keberatan Suami Dijadikan Saksi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua majelis hakim Yanto kemudian mempertanyakan niat Eni kepada jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadirkan Mekeng di persidangan dapat dipenuhi. Namun, menurut jaksa, keterangan saksi-saksi yang sudah dihadirkan dan direncanakan untuk hadir sudah mencukupi.
 
"Untuk pembuktian dakwaan kami, kami tidak akan menghadirkan Mekeng. Tapi, kalau terdakwa mau menghadirkan untuk meringankan, silakan," kata jaksa.
 
Hakim Yanto kemudian kembali mengonfirmasi hal tersebut ke pihak Eni. Namun, Eni berharap jika Mekeng dihadirkan oleh pihak jaksa.
 
Ia berpendapat, jika ia yang menghadirkan Mekeng, politikus partai Golkar itu tidak mau memenuhinya. Oleh karena itu, Eni berharap jika jaksa mau menghadirkan Mekeng.
 
"Kalau saya yang minta, saya yakin Pak Mekeng tidak mau hadir. Namun demikian, saya mengikuti persidangan ini, apapun keputusannya," tutur Eni.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif