Ilustrasi penembakan. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi penembakan. Medcom.id/M Rizal.

Enam Anggota Polda Kendari Dinyatakan Bersalah

Nasional Demonstrasi Mahasiswa
Juven Martua Sitompul • 28 Oktober 2019 21:40
Jakarta: Enam anggota Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menjalani sidang etik dan disiplin atas penembakan dalam aksi unjuk rasa di Kendari. Hasil sidang menyatakan enam polisi itu bersalah.
 
“Saat ini sudah diputuskan enam anggota tersebut dinyatakan bersalah karena melanggar aturan disiplin tersebut,” kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.
 
Asep mengatakan enam polisi itu dijatuhi hukuman berbeda, mulai dari teguran lisan hingga penundaan kenaikan pangkat. Mereka juga ditahan selama 21 hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, Asep tak menjelaskan kaitan keenam anggota yang membawa senjata api (senpi) itu dengan kematian mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Halu Oleo (UHO) Immawan Randy, 21.
 
"Oleh karenanya secara keseluruhan diberikan hukuman disiplin yang pertama teguran lisan, penundaan satu tahun kenaikan pangkat dan juga mereka ditempatkan di tempat khusus selama 21 hari," kata dia.
 
Dua orang tewas dalam aksi mahasiswa di Kendari, Sultra, Kamis, 26 September 2019. Mereka yakni Immawan Randy, 21, dan Muh Yusuf Kardawi, 19. Keduanya merupakan mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO).
 
Randy dinyatakan meninggal akibat luka tembak di dada kanan, pada Kamis, 26 September 2019, sekitar pukul 15.30 Wita. Sedangkan Muh Yusuf Kardawi meninggal setelah menjalani operasi RSUD Bahteramas pada Jumat dini hari, 27 September 2019, sekitar pukul 04.00 Wita.
 
Seorang ibu hamil juga tertembak peluru di kakinya saat tidur di rumahnya di Jalan Syeh Yusuf, Kecamatan Mandonga, Kendari, Kamis, 26 September 2019, pukul 16.00 WIB. Identifikasi sementara menyebutkan peluru yang menembus kaki korban berkaliber 9 milimeter.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif