Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman/Beranda Antara
Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Munarman/Beranda Antara

Munarman Puji Bambang Widjojanto di Tabligh Akbar Dukungan ke ISIS

Nasional terorisme Teroris isis Munarman Ditangkap Bambang Widjojanto
Fachri Audhia Hafiez • 08 Desember 2021 23:41
Jakarta: Nama mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto (BW) disebut oleh Munarman dalam sebuah kegiatan tabligh akbar. Mantan Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) itu memuji Bambang Widjojanto saat memaparkan materi.
 
Hal itu tertuang dalam surat dakwaan Munarman yang dibacakan jaksa penuntut umum (JPU). Munarman merupakan terdakwa kasus dugaan menggerakkan orang lain untuk melakukan tindakan terorisme.
 
"Pada 25 Januari 2015, terdakwa mengikuti kegiatan tabligh akbar sebagai dukungan terhadap ISIS di pondok pesantren tahfidzul qur'an dengan tema, syariat Islam sebagai solusi terbaik negeri idaman harapan umat, yang diikuti oleh para santri pondok pesantren, dan diikuti seluruh anggota atau simpatisan FPI," kata salah satu JPU saat persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), Rabu, 8 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada kegiatan itu, Munarman menyinggung mengenai umat Islam. Dia bilang umat Islam yang tidak ikut pengajian dan duduk di kalangan dunia sekuler sebagai Islam KTP.
 
Tetapi, kata Munarman, ada sebagian umat Islam yang saleh. Dia mencontohkan Bambang Widjojanto yang dikenal sejak 1999.
 
"Saya kenal baik dengan (mantan wakil) ketua KPK yang ditangkap (Bareskrim) itu, Bambang Widjojanto, saya kenal baik dengan BW dari segi amalan ibadah. Terus terang saja, saya kalah jauh sama dia," ujar jaksa.
 
Baca: Munarman Disebut Sudah Berbaiat ke Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi
 
Bambang Widjojanto dipuji rajin ibadah. Bambang Widjojanto juga disebut rajin puasa sunah.
 
"Kemudian saumnya, Senin-Kamis. Bahkan, kadang-kadang saumnya adalah Nabi Daud, sehari saum sehari tidak. Karena itu pun di bulan-bulan tertentu. Salat malam juga hampir bisa dikatakan tidak pernah tinggal," ujar jaksa.
 
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Medcom.id/Nur Azizah
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto. Medcom.id/Nur Azizah
 
Selain itu, Munarman mengatakan belum banyak orang memahami syariat Islam. Dia juga menilai belum banyak orang menerapkan syariat Islam.
 
Munarman didakwa merencanakan atau menggerakkan orang lain untuk melakukan tindak pidana terorisme secara sengaja. Dia menggunakan cara-cara berupa ancaman kekerasan yang diduga untuk menimbulkan teror secara luas.
 
Munarman juga diduga menyebarkan rasa takut hingga potensi menimbulkan korban secara luas. Rencana perbuatannya juga mengarah pada perusakan fasilitas publik.
 
Menurut jaksa, perbuatan Munarman dilakukan pada Januari-April 2015. Munarman menggerakkan aksi terorisme di Sekretariat FPI Kota Makassar, serta Markas Daerah Laskar Pembela Islam (LPI) Sulawesi Selatan; Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Sudiang Makassar, dan di aula Pusat Pengembangan Bahasa (Pusbinsa) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatra Utara.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif