Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.
Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachrie Audhia Hafiez.

KPK Tegaskan Pengusutan Kasus Lukas Enembe Tak Melanggar Hukum

Candra Yuri Nuralam • 22 September 2022 09:25
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak ada kesalahan dalam penetapan status tersangka terhadap Gubernur Papua Lukas Enembe. Pengusutan kasus Lukas diyakini sudah sesuai aturan yang berlaku.
 
"Kami juga ingin tegaskan, proses penyidikan yang KPK lakukan ini telah sesuai prosedur dan ketentuan hukum," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 22 September 2022.
 
Lukas dipanggil ulang setelah mangkir dari pemeriksaan pertama pada Senin, 26 September 2022. KPK bakal memeriksa Lukas di markasnya, di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lukas diharap menghadiri pemeriksaan itu. Lembaga Antikorupsi berjanji tidak akan mendiskriminasi Lukas meski pemeriksaan dilakukan di Jakarta.
 
"Hak-hak tersangka pun kami pastikan diperhatikan sebagaimana koridor hukum berlaku," ujar Ali.

Baca: KPK Minta Pelaku Usaha di Papua Menjaga Integritas


KPK menyebut dugaan rasuah yang menyeret Gubernur Papua Lukas Enembe bukan cuma satu kasus. Seluruh dugaan korupsi itu tengah diusut KPK.
 
"Beberapa perkara, yang sedang ditangani menyangkut LE (Lukas Enembe) bukan hanya satu ya. ada beberapa sedang kita tangani," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto di Jakarta, Rabu, 21 September 2022.
 
Karyoto enggan memerinci kasus yang menyeret Lukas. Informasi terkait dugaan rasuah yang dilakukan Lukas didapatkan dari banyak pihak.
 
"Nanti dikaitkan dengan beberapa laporan masyarakat dari dumas (pengaduan masyarakat), yang menyangkut tentang di Papua dan dikaitkan dengan PPATK yang ada," ujar Karyoto.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif