Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Polisi Pemeras Pengusaha Akan Dicopot

Nasional investasi penegakan hukum
Media Indonesia • 20 November 2019 09:07
Jakarta: Kepala Divisi Humas Polri, Irjen M Iqbal, mengatakan pihaknya siap menendang polisi yang memeras pelaku dunia usaha. Tindakan itu sejalan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo.
 
"Prinsipnya kalau ada oknum, Kapolri (Jenderal Idham Azis) tidak segan lakukan tindakan tegas. Ada mekanismenya, periksa, jika terbukti akan dicopot," janji Iqbal di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 19 November 2019.
 
Menurut dia, Korps Bhayangkara terus mengawasi anggotanya melalui satuan kerja, seperti Inspektorat Pengawasan Umum serta Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam). Pencegahan pun selalu diutamankan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Polri lembaga penting untuk menopang pembangunan nasional, iklim investasi, seperti yang disampaikan Presiden," sebutnya.
 
Presiden Joko Widodo meminta aparat penegak hukum tak mengancam para pejabat atau pelaku bisnis yang sedang berinovasi. Ancaman itu hanya menghambat kemajuan bangsa.
 
"Yang benar jangan sampai digigit dan jangan pura-pura salah gigit. Jangan pernah juga gigit pejabat atau pelaku bisnis yang berinovasi untuk kemajuan negara ini," kata Jokowi, Rabu, 13 November 2019.
 
Jokowi tahu banyak penegak hukum yang menakut-nakuti dan memeras pejabat serta pengusaha. Ia akan melaporkan temuan itu kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.
 
"Saya minta tolong cek, copot, pecat, gitu saja sudah. Itu setop, yang kayak gitu setop, jangan diterus-teruskan," tegas Jokowi.
 
Tindakan tegas harus diambil untuk menjaga iklim usaha agar agenda besar pemerintah lima tahun ke depan tetap berjalan. Pemerintah ingin memperbaiki jumlah ekspor-impor dan menciptakan lapangan kerja.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif