Kapolri Pimpin Peresmian Empat Polda Tipe A
Ilustrasi--medcom.id
Jakarta: Korps Bhayangkara meningkatkan klasifikasi empat kepolisian daerah (Polda) jadi tipe A. Upacara peresmian bakal dipimpin Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 24-25 Mei 2018.

Peningkatan tipe empat polda ini didasarkan pada Surat Menteri PAN-RB Nomor: B/1352/M.KT.01/2018 tanggal 11 Mei 2018. Jenderal Tito kemudian menandatangani surat keputusan peningkatan kelas untuk Polda Kalimantan Selatan, Polda Kalimantan Tengah, Polda Jambi, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan peningkatan klasifikasi Polda ini dilakukan setelah melalui tahapan penilaian. Polri berencana menambah jumlah personel agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


"Sekarang ini kita lihat hakikat ancaman, kemudian luas wilayah, jumlah penduduk, itu juga layak menjadi tipe A," ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 24 Mei 2018. 

Peningkatan Polda menjadi tipe A juga akan diimbangi dengan pejabat yang bakal memimpin. Rencananya, pejabat senior bakal ditugaskan untuk memimpin Polda tersebut. "Pejabatnya tertentu, bisa lebih senior eselonisasinya dan sangat mendukung," ungkap Setyo. 

Baca: Polda Jambi Naik Jadi Tipe A

Setyo menampik peningkatan tipe empat Polda ini berkaitan dengan rentetan teror di Tanah Air. Ia menyebut seluruh proses terhadap empat Polda tersebut sudah direncakakan cukup lama.

"Ini sudah proses lama setahun lalu. Nah sekarang setelah di-assesment dinilai layak naik, ya naik," ucap jenderal Polri bintang dua ini. 

Baca: Tiga Polda Dinaikkan Menjadi Tipe A

Bahkan pengecekannya harus melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Penilaian dilakukan  langsung ihwal pelayanan yang dilakukan Polda-Polda yang direkomendasikan.

"Kalau pelayanan masyarakat ini sudah layak tipe A atau belum. Kalau belum ya enggak dikasih. Ujung-ujungnya kepada pelayanan masyarakat," tandasnya. 




(YDH)